Ini 10 Aturan sebelum Berwisata ke Raja Ampat, Pengunjung Harus Daftar Online

Chanry Andrew Suripatty ยท Senin, 24 Agustus 2020 - 12:30 WIT
Ini 10 Aturan sebelum Berwisata ke Raja Ampat, Pengunjung Harus Daftar Online
Pembukaan destinasi wisata di Raja Ampat. (Foto: iNews/Andrew Chanry).

WAISAI, iNews.id - Destinasi wisata di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, kembali dibuka setelah daerah tersebut tercatat sebagai zona hijau penularan Covid-19. Namun ada 10 aturan baru yang mesti ditaati oleh para pengunjung.

Aturan-aturan ini secara resmi di-launching oleh Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dan Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati pada Sabtu (22/8/2020) di Pelabuhan Marina Waisai.

Bupati Abdul Faris mengatakan, meski daerahnya sudah masuk dalam zona hijau, namun warga tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Tim dari Satgas Penanganan Covid-19 juga semakin gencar merazia pelanggaran tersebut.

"Protokol kesehatan harus diterapkan lebih ketat lagi," kata dia di Kota Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Senin (24/8/2020).

Terkait pembukaan destinasi wisata ini, kata dia, ada sejumlah aturan yang mesti dipatuhi para pengunjung yang datang. Lalu pemerintah daerah (pemda) juga akan mengevaluasi kondisi yang terjadi ke depannya.

Berikut 10 aturan baru bagi warga yang akan berwisata ke Kabupaten Raja Ampat:

1.Melakukan registrasi online pada: www.newnormal-rajaampat.com
2.Menyiapkan aplikasi Health Assesment Card (HAC) pada www.inahac.kemkes.go.id
3.Memiliki surat keterangan bebas Covid-19, berupa hasil RT-PCR negative atau hasil rapid test non-reaktif, yang berlaku 14 hari, yang diperoleh dari RS/puskesmas/klinik resmi
4. Menyiapkan personal health
5.Memiliki asuransi kecelakaan dan atau asuransi jiwa, terutama yang akan melakukan kegiatan bersifat risiko tinggi dan memerlukan fisik prima, seperti diving, trekking, telusur goa dan lain-lain.
6.Memiliki pemandu/pramuwisata. Lakukan booking online untuk lokasi yang akan anda kunjungi pada situs yang sama
7.Ketika seluruh kelengkapan anda sudah terpenuhi, silakan lakukan perjalanan, dengan protkol Kesehatan
8.Untuk perjalanan udara, anda akan tiba di Bandara Dominique Eduard Osok-Sorong dan melanjutkan perjalanan laut/udara menuju Raja Ampat
9.Lakukan document clearence sebelum memasuki kawasan Raja Ampat pada:
• Check point I: Pelabuhan Falaya, Waigeo
• Check Point II: Pelabuhan Yelu, Misool,
• Check Point III: Bandara Marinda, Waigeo
10.Tetap mengikuti prosedur protokol ketertiban new normal di ruang umum. Jika terjadi reaktif, maka siap untuk dikarantina dan diproses sesuai aturan seperti yang sudah ditandatangani dalam surat pernyataan sebelumnya


Editor : Andi Mohammad Ikhbal