Ini Langkah Dinkes Papua Lawan Malaria Jelang PON XX 2021

Edy Siswanto ยท Sabtu, 21 November 2020 - 12:26:00 WIT
Ini Langkah Dinkes Papua Lawan Malaria Jelang PON XX 2021
Kepala Balai AIDS, TB dan Malaria Dinkes Papua, Berry Watori (Foto: iNews/Edy Siswanto )

JAYAPURA, iNews.id - Ratusan relawan kesehatan bentukan Dinas Kesehatan Provinsi Papua akan disebar di Kabupaten/Kota se Papua untuk menekan penyebaran malaria yang masih masif hingga saat ini, Sabtu (21/11/2020). Langkah ini juga menyukseskan PON XX 2021 di Papua.

Kepala Balai AIDS TB dan Malaria Dinkes Provinsi Papua Berry Watori menyebut ada sekitar 400 kader. Mereka diharapkan bisa mendeteksi penyebaran malaria lebih dini.

"Jadi ada sekitar 400-an kader, rencana nanti akan ditambah. Harapan Kita begitu, jadi relawan ini bisa mendeteksi malaria secara dini yakni dengan membawa Rapit Diagnotic Tests(RDTs). Kemudian jika positif akan dilaporkan ke Faskes yang ada suatu wilayah itu," kata Berry.

Dijelaskan, program kader kesehatan Dinkes Provinsi Papua untuk pengendalian dan cegah dini malaria sebetulnya telah ada dan mulai perekrutan sejak 2018 lalu, hanya saja ditahun 2020 terhenti akibat Covid-19. Beberapa wilayah yang sudah memiliki kader kesehatan adalah Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Keerom, Kabupaten Mimika, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Diakui Berry, optimalisasi kader kesehatan akan dilakukan kembali ditahun 2021. Hal ini dilakukan untuk menekan angka sebaran malaria di Papua termasuk suksesi PON XX 2021.

"Kader sudah masuk di struktur program dan sudah ada pelatihan-pelatihan. Dan ditahun ini Kita akan lanjutkan program ini. Kita juga akan berikan versi barunya yang mana kader akan dibekali dengan protokol kesehatan dan deteksi Covid-19,"katanya.

Editor : Nani Suherni