Ini Tampang Tersangka Penyerangan Pos Koramil Kisor, 4 Prajurit TNI Gugur

Chanry Andrew Suripatty · Senin, 30 Mei 2022 - 18:12:00 WIT
Ini Tampang Tersangka Penyerangan Pos Koramil Kisor, 4 Prajurit TNI Gugur
Tersangka MY, salah satu dari sembilan pelaku penyerangan Pos Koramil Kisor di Maybrat, Papua Barat saat diserahkan ke Kejaksaan Negeri Sorong. (Foto: iNews/Chanry Andrew Suripatty)

"Kalian semua harus ikut serang. Kalau tidak senjata ini akan kembali ke kalian," katanya lagi menirukan ancaman Slash salah satu rekannya. 

Pengakuan lainnya, tersangka MK mengaku diaj turut serta membacok salah satu anggota TNI saat penyerangan.

"Posisi saya saat itu ikut juga menyerang (membacok anggota TNI). Saat itu korban dalam posisi tidur dengan selimut. Kawan saya yang pertama membacok, lalu saya ikut membacok," ujar MK.

Usai melakukan pembacokan, tersangka MK dan kawan-kawannya langsung melarikan diri setelah seluruh korban dieksekusi. 

Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Sorong Eko Nuryanto kepada MNC Portal Indonesia mengatakan, penyerahan tersangka dan barang bukti ini dalam kasus pembunuhan terhadap anggota TNI. 

"Hari ini kami terima tahap dua dari penyidik yakni satu tersangka atas nama inisial MK. Di sini yang bersangkutan sebagai orang yang turut serta dalam kasus pembunuhan tersebut," kata Eko.

Dalam kasus ini, dakwaan yang dikenakan kepada tersangka yakni pasal berlapis dengan ancaman hukuman seumur hidup atau pidana mati. 

"Dengan dakwaan pasal berlapis masing-masing surat dakwaan yang kami susun dalam bentuk kombinasi yakni pertama Pasal 340 KUHP junto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Subsidair Pasal 338 KUHP Junto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP atau Kedua pasal 170 Ayat (2) ke-3 KUHP atau Ketiga Pasal 353 Ayat (3) KUHP junto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Dengan ancaman hukuman utk 340 nya seumur hidup atau pidana mati. Yang bersangkutan turut serta. Ada junto 55nya. Nanti tinggal kita buktikan di pengadilan," ucapnya.

Seusai pelimpahan tahap dua, tersangka langsung dibawa ke Lapas Kelas II Teminabuan untuk dititipkan sambil menunggu jadwal persidangan.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: