Isi Akun Facebook Ketua KNPB Merauke, Selalu Posting Provokasi dan Hoaks

Antara ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 16:25:00 WIT
Isi Akun Facebook Ketua KNPB Merauke, Selalu Posting Provokasi dan Hoaks
Postingan hoaks Ketua KNPB Merauke. (Foto: Istimewa).

MERAUKE, iNews.id - Polisi masih mendalami konten ujaran kebencian dan hoaks yang dibuat oleh Ketua KNPB Merauke, Manuel Matemko, di akun Facebooknya. Dari hasil pemeriksaan sementara ada sejumlah postingan yang mengandung unsur provokasi.

Beberapa postingan yang diduga melanggar pidana antara lain, menyebarkan foto yang tidak sesuai dengan kejadian aslinya dengan keterangan "Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak Papua berhasil dibakar TPNPB".

Kemudian, dia menuliskan juga bahwa "Otsus gagal total, rakyat menolaknya dan menuntut referendum, ribuan pasukan dikirim, korban jiwa dimana-dimana, tokoh agama Katolik diteror OTK, issu teroris menggemah di tanah Papua. Pertanyaannya, Siapa peternak kejahatan kemanusian dan teroris di Indonesia dan Papua?"

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan, masih banyak lagi postingan bernada rasisme dan ujaran kebencian yang dianggap telah meresahkan masyarakat.

"Jangan membuat berita hoaks atau tidak benar, memprovokasi masyarakat dengan berita-berita kebencian yang berakibat permusuhan di bumi Papua, masyarakat ingin hidup damai," ujar Iqbal, Kamis (10/6/2021).

Sebelumnya Satgas Operasi Nemangkawi menangkap pelaku penyebar informasi hoaks Manuel Metemko alias EKM (38) di Jalan Perikanan Darat, Kelurahan Kelapa V, Kecamatan Merauke, Kabupaten Merauke, Papua, Rabu (9/6/2021).

Editor : Andi Mohammad Ikhbal