Jangan Mau Dibohongi, Ormas Papua: Pendeta Yeremia Tewas Dibunuh KKB

Edy Siswanto ยท Minggu, 27 September 2020 - 10:00:00 WIT
Jangan Mau Dibohongi, Ormas Papua: Pendeta Yeremia Tewas Dibunuh KKB
KKB menembak mati pendeta di Hitadipa, Intan Jaya, Papua. (Foto: Istimewa).

JAYAPURA, iNews.id - Organisasi masyarakat (ormas) pemuda di Papua menyebut pembunuhan Pendeta Yeremia di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB). Warga diminta jangan sampai terprovokasi dan dibohongi mereka.

Ketua DPD Pemuda Mandala Trikora, Alberth Ali Kabiyai mengatakan, aksi nekat ini dilakukan KKB untuk menjual isu pada Sidang Umum PBB pada 22-29 September.

"Ini propaganda, dengan cara membunuh warga sipil dan menuduh aparat keamanan atau pemerintah untuk menarik simpati masyarakat dunia," kata Ali di Kota Jayapura, Papua, Sabtu (26/9/2020).

Ali yang juga Ketua DPW Badan Advokasi dan Investigasi HAM Papua mengatakan, pola seperti ini kerap kali digunakan oleh kelompok teroris serta kartel narkoba di dunia.

Karena itu, dia meminta seluruh warga di Papua tidak termakan isu menyesatkan KKB yang telah tega mengorbankan warga sipil untuk kepentingan mereka.

"Kita jangan mau dibodohi mereka. Ini propaganda KKB," ujar dia.

Motif dari berbagai aksi ini, kata dia, karena dukungan dari sejumlah negara terhadap perjuangan Papua Merdeka semakin berkurang. Karena itulah KKB membuat berbagai aksi untuk menarik simpati dunia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal