KKB di Hitadipa Intan Jaya Ternyata Pernah Kuasai Tembagapura

Antara ยท Kamis, 24 September 2020 - 15:50:00 WIT
KKB di Hitadipa Intan Jaya Ternyata Pernah Kuasai Tembagapura
Kapolres Mimika, AKBP IGG Era Adhinata, bersama jajaran Kodim. (Foto: Istimewa).

TIMIKA, iNews.id - Sejumlah kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang menguasai Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, ternyata pernah berada di Tembagapura. Ada lima kelompok yang saat ini memegang wilayah tersebut.

Kapolres Mimika, AKBP IGG Era Adhinata mengatakan, sejumlah KKB memang sempat berada di Distrik Tembagapura. Kini mereka sudah kembali ke daeah asalnya, baik di Kabupaten Intan Jaya, Puncak dan Puncak Jaya.

"Mereka yang masih berada di wilayah Distrik Tembagapura yaitu Kelompok Kali Kopi atau Kelompok Timika pimpinan Joni Botak," kata AKBP Era di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (24/9/2020).

Dia menjelaskan, kelompok dari Ilaga sudah bergeser dari Distrik Tembagapura. Mereka melewati wilayah Intan Jaya saat kembali ke tempat asalnya. Di sana ada juga Kelompok Yambi pimpinan Lekagak Telenggen dan kelompok Militer Murib.

"Sementara kelompok Tembagapura yang bermarkas di Intan Jaya yang sebelumnya dipimpin Ayub Waker (almarhum) dan kini dipimpin Sabinus Waker sudah kembali ke Intan Jaya," ujar dia.

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, terdapat lima KKB yang sebelumnya berada di Tembagapura, Kabupaten Mimika, kini telah berada di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya.

"Mereka selalu menggunakan tameng hidup (masyarakat), sehingga kami agak kesulitan melakukan penegakan hukum," kata Irjen Waterpauw.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal