Jejak Benny Mamoto, dari Densus 88 dan BNN Kini Pimpin Tim Lapangan TGPF Intan Jaya

Riezky Maulana ยท Sabtu, 03 Oktober 2020 - 07:05:00 WIT
Jejak Benny Mamoto, dari Densus 88 dan BNN Kini Pimpin Tim Lapangan TGPF Intan Jaya
Ketua Harian Kompolnas yang juta Ketua Tim Investigasi Lapangan TGPF Intan Jaya Irjen Pol (Purn) Benny Mamoto. (Foto: dok. Okezone).

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) untuk mengungkap kasus pembunuhan tokoh masyarakat dan anggota TNI di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Tim Investigasi Lapangan TGPF akan dipimpin Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional Irjen Pol (Purn) Benny Jozua Mamoto.

Pembentukan TGPF tertuang dalam Keputusan Menko Polhukam Nomor 83 Tahun 2020 tentang Tim Gabungan Pencari Fakta Peristiwa Kekerasan dan Penembakan di Kabupaten Intan Jaya. Surat keputusan ini ditetapkan pada Kamis (1/10/2020).

Mahfud mengatakan, TGPF terbagi ke dalam dua komponen. Pertama, Tim Pengarah yang diketuai Sekretaris Kemenko Polhukam Tri Soewandono. Kedua, Tim Investigasi Lapangan yang diketuai oleh Benny Mamoto.

"Setelah dibentuknya TGPF ini, orang-orang di dalamnya akan memberikan laporan perkembangan penyelidikan kasus ini selama dua minggu ke depan, terhitung sejak hari ini. Laporan akan dilaporkan kepada Menko Polhukam selaku penanggung jawab tim,” kata Mahfud di Jakarta, Jumat (2/10/2020).

Benny Mamoto merupakan purnawirawan polisi dengan pangkat terakhir jenderal bintang dua (irjen pol). Semasa berkarier di Korps Bhayangkara, tugasnya banyak dihabiskan di reserse.

Pria kelahiran Manado, Sulawesi Utara ini antara lain pernah menjadi penyidik Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri. Dia terlibat dalam operasi penggerebekan dan penyidikan terduga teroris di Tanah Air.

Benny juga pernah berkarier sebagai Kepala Unit I/Keamanan negara-Separatis, Dit I Bareskrim Polri (2001), Wakil Direktur II/Ekonomi & Khusus Bareskrim Polri (2006), dan Wakil Sekretaris NCB-Interpol Indonesia (2007- 2009).

Sejak 2009 dia ditarik Komjen Pol Gorries Mere untuk bertugas sebagai Direktur Badan Narkotika Nasional. Sebelum pensiun, dia dipromosikan sebagai Deputi Pemberantasan Narkotika BNN dan menyandang pangkat irjen.

Lulusan Akpol 1977 ini juga dikenal sebagai dosen. Dia merupakan pengajar di PTIK dan beberapa kampus. Benny juga pernah terjun ke politik dan bertarung di Pilgub Sulut, namun tak terpilih. Selanjutnya dia ikut seleksi Kompolnas pada 2020 ini dari unsur pakar kepolisian.

Berikut 30 anggota TGPF Intan Jaya:

Penanggung Jawab
1. Mahfud MD (Menko Polhukam).

Pengarah
1. Tri Soewandono (Sekretaris Kemenko Polhukam) (Ketua).
2. Purnomo Sidi (Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam).
3. Lutfi Rauf (Deputi Bidang Koordinasi Politik Luar Negeri Kemenko Polhukam).
4. Rudianto (Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam).
5. Armed Wijaya (Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam).

Editor : Zen Teguh