Jelang HUT Ke-5 Kodam XVIII/Kasuari, Pangdam Lepas Ratusan Tukik di Desa Minyumfoka

Andi Mohammad Ikhbal · Minggu, 19 Desember 2021 - 14:12:00 WIT
Jelang HUT Ke-5 Kodam XVIII/Kasuari, Pangdam Lepas Ratusan Tukik di Desa Minyumfoka
Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa melepas ratusan bibit penyu (tukik) di Desa Minyumfoka, Distrik Manokwari Utara, Papua Barat (Pendam Kasuari)

Sementara itu, Kepala Kampung Nataniel Merino menyampaikan rasa terimaksihnya kepada TNI lebih khusus kepada Pangdam Karena membantu meyediakan satu buah bak penampung tukik yang bisa di menampung 700 sampai dengan 800 ekor. 

"Kerjasama yang baik diantara kita semua, khusus kepada bapak Babinsa yang selalu bersama kami setiap harinya mulai dari pagi sampai dengan malam kami juga ucapkan terimakasih atas bantuannya," kata dia.

Ia mengatakan, selama ini kendala yang dihadapi dalam melestarikan, menjaga dan melindungi penyu ini salah satunya pergantian air. Dalam kurun waktu satu bulan bisa empat kali mengganti air secara manual dari pantai sampai ke bak penampungan dan menguras tenaga, sehingga dibutuhkan lebih banyak bak penampungan.

"Semoga dinas terkait lebih memperhatikan pelestarian tukin ini dan Pangdam juga bisa menjembatani kendala kami ke dinas terkait tersebut. Mewakil masyarakat kampung saya mengucapkan selamat hari ulang tahun Kodam XVIII/Kasuari yang ke-5," kata Nataniel. 

Usai acara pelepasan, dilanjutkan dengan pemberian bingkisan sembako oleh Pangdam kepada masyarakat Desa Minyumfoka yang membutuhkan.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: