Jelang Natal dan Tahun Baru, Pelni Tambah Armada Kapal di Manokwari

Antara ยท Selasa, 06 Desember 2022 - 19:39:00 WIT
Jelang Natal dan Tahun Baru, Pelni Tambah Armada Kapal di Manokwari
Pelni menyiapkan satu tambahan KM Dobonsolo untuk melayani kebutuhan transportasi laut jelang Natal dan Tahun Baru di Manokwari, Papua Barat. (Foto : Pelni).

MANOKWARI, iNews.id - Penambahan satu armada kapal motor (KM) disiapkan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) untuk melayani kebutuhan transportasi laut jelang Natal dan Tahun Baru. Armada ini disiapkan bagi masyarakat di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

General Manager Pelni Cabang Manokwari Muhammad Jabir mengatakan, satu armada tambahan tersebut yakni KM Dobonsolo yang akan melayani kebutuhan transportasi masyarakat bersama enam kapal lainnya, yakni KM Tidar, KM Sirimau, KM Ciremai, KM Sinabung, KM Labobar dan KM Gunung Dempo.

"KM Dobonsolo jadi armada tambahan dan jadwalnya pada Desember ini tiba di Manokwari pada tanggal 19 menuju Serui dan Jayapura. Kemudian balik lagi ke Manokwari tanggal 23 ke Sorong, Ambon, Bau-Bau, Surabaya dan Jakarta. Rute untuk Januari masih tunggu kepastian," ujar Jabir, Selasa (6/12/2022).

Selain tujuh kapal penumpang, ada tiga kapal perintis yang berbasis di Manokwari siap melayani pelayaran masyarakat. Yakni Kapal Sabuk Nusantara 112, Sabuk Nusantara 98 dan Sabuk Nusantara 96.

"Untuk arus transportasi laut yang sering dituju masyarakat banyak menuju ke Sorong, Bau-Bau, Bitung dan Makassar," katanya.

Pelni memperkirakan, jumlah penumpang kapal dari Manokwari bisa melebihi 1.000 orang, terbagi ke masing-masing daerah tujuan. Jumlah itu sesuai dengan arsip Pelni Cabang Manokwari.

"Sampai saat ini saya belum lihat kenaikan yang signifikan," ucapnya.

Jabir memastikan tidak akan ada perbaikan kepada tujuh kapal jelang Natal dan Tahun Baru 2023 sehingga semuanya siap beroperasi tanpa jeda.

"Itu sebagai persiapan kami dalam melayani kebutuhan transportasi laut oleh masyarakat, khususnya di Papua Barat. Mau ke Jayapura, ke daerah lain di timur Indonesia dan ke arah barat, semua sudah siap," katanya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Bagikan Artikel: