Jokowi Gembira 99 Persen Pekerja PT Freeport Orang Indonesia, Banyak asal Papua

Raka Dwi Novianto · Kamis, 01 September 2022 - 14:27:00 WIT
Jokowi Gembira 99 Persen Pekerja PT Freeport Orang Indonesia, Banyak asal Papua
Jokowi di Tambang Grasberg Freeport, Kamis (1/8/2022) (Dok. Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut hampir 99 persen karyawan yang bekerja di pertambangan PT Freeport Indonesia (PTFI) merupakan warga negara Indonesia. Hal ini disampaikannya usai mengunjungi Tambang Grasberg milik PTFI di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (1/9/2022) hari ini.

"Saya sangat gembira mendengar tambang bawah tanah yang sangat sulit medannya dan dikendalikan, dari jarak jauh tadi saya sudah melihat secara langsung. Yang saya senang 99 persen dari total karyawan yang tadi mengendalikan, mengoperasionalkan itu asli Indonesia, khususnya dari Tanah Papua," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/9/2022).

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga meluncurkan teknologi terbaru di sektor pertambangan yaitu 5G mining. Teknologi 5G mining merupakan hasil kerja sama antara Telkom Group dengan PT Freeport Indonesia (PTFI). 

"Saya yakin teknologi ini akan membuat PT Freeport Indonesia semakin diperhitungkan di tingkat global dan menghasilkan semakin banyak SDM-SDM di bidang pertambangan yang berkualitas di dunia dan berkontribusi besar bagi kemajuan industri pertambangan Indonesia," kata Jokowi.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Bagikan Artikel: