Kantor Bank Pembanguanan Daerah Dibakar KKB, 2 Karyawan Dievakuasi ke Sentani

Antara ยท Selasa, 14 September 2021 - 12:15:00 WIT
Kantor Bank Pembanguanan Daerah Dibakar KKB, 2 Karyawan Dievakuasi ke Sentani
Permukiman warga yang dibakar KKB di Pegunungan Bintang, Papua. (Foto: iNews/Chandry Andrew Suripatty)

JAYAPURA, iNews.id - Kantor Bank Pembangunan Daerah di Pegunungan Bintang dibakar KKB. Dua karyawan yang bekerja di tempat itu dievakuasi ke Sentani sementara waktu.

Direktur Operasional Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua, Isak Wopari, membenarkan adanya evakuasi dua karyawan bank tersebut.

"Sudah dievakuasi ke Sentani dengan Pesawat AMA," kata Isak di Kota Jayapura, Papua, Senin (13/9/2021).

Menurut dia, kantor BPD di Pegunungan Bintang ditempati tiga karyawan. Dua di antaranya sedang bertugas saat kejadian, satu lagi berada di Oksibil.

Karena itulah hanya dua karyawan yang dievakuasi ke Sentani. Selain itu kantor bank yang dibangun pemerintah daerah (pemda) itu kembali hangus terbakar.

"Sebelumnya kantor BPD sudah pernah dibakar beberapa tahun lalu, sekarang hangus terbakar lagi karena ulah KKB," kata dia.

Sementara itu Dandim 1715/Yahukimo, Letkol Inf Christian Irreuw mengatakan, pelaku perusakan dan pembakaran ini merupakan KKB pimpinan Lamek Tablo.

Sebelum melakukan aksi anarkistis ini, KKB sempat terlibat kontak senjata dengan prajurit TNI di wilayah Kiwirok. Satu orang prajurit terluka diduga terkena rekoset peluru dalam baku tembak tersebut.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal