Kapal Kargo Tabrak Terumbu Karang di Perairan Manokwari

Chanry Andrew Suripatty ยท Selasa, 10 Agustus 2021 - 16:50:00 WIT
Kapal Kargo Tabrak Terumbu Karang di Perairan Manokwari
Kapal kargo menabrak karang di perairan Manokwari. (Foto: iNews/Andrew Chanry).

MANOKWARI, iNews.id - Kapal kargo yang mengangkut semen menabrak terumbu karang di perairan Laut Doreri, Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Kecelakaan ini membuat kapal tertahan dan berlabuh sementara.

Kapal Indi Nurmatalia 07 yang mengangkut 2.200 ton semen Conch milik PT SDIC Maruni Manokwari tujuan Manokwari - Timika menabrak terumbu karang pada Sabtu (7/8/2021) malam.

Komunitas Selam Diving Ketapang Manokwari pun menahan kapal untuk pertanggungjawaban kerusakan karang. Semetara polisi bersama KSOP masih menyelidiki penyebab kecelakaan ini.

Ketua Komunitas Selam Diving Ketapang, Alex Sitanala mengatakan, ada tiga jenis karang terbaik dunia yang mengalami kerusakan parah akibat ditabrak kapal kargo mengangkut semen ini.

"Areal kerusakan diduga mencapai ratusan meter persegi," kata Alex di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Senin (9/8/2021) malam.

Menurut dia, komunitas menahan sementara kapal tersebut sampai proses hukum di kepolisian selesai. Sebab lokasi kecelakaan ini merupakan titik transpalansi karang yang digalakkan komunitasnya.

Dia mengatakan, sudah melaporkan kasus ini ke Satpol Air Polres Manokwari untuk ditindaklanjuti. Pihak perusahaan diharap dapat membayarkan ganti rugi atas kerusakan yang terjadi di perairan itu.

"Kami berharap polisi mengambil tindakan tegas," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: