Warga Blokir Jalan dan Bakar Meja, Protes Penangkapan Preman di Manokwari

Rahman ยท Rabu, 21 Juli 2021 - 19:10:00 WIT
Warga Blokir Jalan dan Bakar Meja, Protes Penangkapan Preman di Manokwari
Aksi unjuk rasa di Manokwari. (Foto: iNews/Rahman).

MANOKWARI, iNews.id - Ratusan warga turun ke Jalan Trikora Sowi Marampa menggelar aksi unjuk rasa. Mereka memblokir jalan dan membakar meja sebagai bentuk protes penangkapan terhadap penangkapan seorang pemuda yang diduga preman.

Aksi ini berlangsung pada Selasa (20/7/2021) sore kemarin. Dampaknya menyebabkan kemacetan di ruas jalan tersebut. Kondisi ini membuat Bupati Manokwari, Hermus Indou turun tangan meredakan aksi massa.

Penyebabnya diduga karena polisi menangkap seorang pemuda yang dilaporkan warga sebagai preman. Sebab pelaku diduga kerap membuat onar saat dalam pengaruh minuman keras (miras), sehingga meresahkan masyarakat sekitar.

Bupati Hermus mengatakan, warga jangan mudah terprovokasi dan percaya dengan kabar-kabar yang beredar. Apalagi buntutnya sampai menggelar aksi dan memblokir jalan.

"Masyarakat saya imbau untuk menahan diri, apalagi sekarang sedang pandemi Covid-19," kata Bupati di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Selasa malam.

Dia juga meminta aparat kepolisian semestinya bisa meredam aksi-aksi seperti ini dengan mengedepankan sikap persuasif, sehingga aksi warga bisa diredam.

Kasus ini diharap menjadi pembelajaran bagi semua pihak. Warga khususnya diminta dapat bersikap tenang, jangan sampai melakukan aksi-aksi yang merugikan, apalagi di masa pandemi Covid-19.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal