Kapal Perang TNI AL yang Baru Ini Siap Dikukuhkan Lewat Prosesi Adat di Papua

Antara ยท Rabu, 05 Januari 2022 - 19:09:00 WIT
Kapal Perang TNI AL yang Baru Ini Siap Dikukuhkan Lewat Prosesi Adat di Papua
Menhan Prabowo Serahkan KRI Teluk Weda-526 dan KRI Teluk Wondama-527 ke TNI AL. (Foto: iNews)

TELUK WONDAMA, iNews.id – Kapal perang TNI Angkatan Laut yang baru, yakni KRI Teluk Wondama-527, akan segera dikukuhkan di Wasior, Papua Barat.

Pengukuhan dilakukan di daerah asal nama KRI ini yakni Kabupaten Teluk Wondama. Rencana pengukuhan ini menyusul arahan dari Kepala Staf TNI AL, Laksamana Yudo Margono.

"KRI Teluk Wondama-527 dikukuhkan di daerah asal namanya yakni Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, sesuai arahan Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono," kata Panglima Komando Armada III TNI AL, Laksamana Muda TNI Irvansyah, di Wasior, Rabu (5/1/2022).

Pengukuhan KRI Teluk Wondama-527 akan dilakukan lewat prosesi adat sesuai tradisi masyarakat Teluk Wondama dan dipimpin langsung oleh Laksamana Yudo.

KRI Teluk Wondama-527 merupakan kapal yang satu kelas dengan KRI Teluk Bintuni-520. Kapal sekelas ini dibuat sebanyak delapan kapal

Kapal ini merupakan kapal jenis pendarat tank atau landing ship tank. Kapal ini bisa membawa tank-tank seperti BMP-3F milik Korps Marinir dan 2A4 Leopard milik TNI Angkatan Darat, yang bisa berbobot lebih dari 62 ton. 

KRI Teluk Wondana-527 memiliki kembaran yaitu KRI Teluk Weda-526. Kapal tersebut juga akan segera diresmikan masuk ke dalam jajaran TNI AL di Teluk Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara.

“Kami mohon dukungan pemerintah daerah agar bisa laksanakan acara pengukuhan, yang Insya Allah bisa dihadiri Bapak KSAL sendiri. Sampai sekarang beliau masih setuju untuk hadir di Teluk Wondama nanti. Rencana beliau bersama istri juga,” kata Irvansyah.

Editor : Reza Fajri

Bagikan Artikel: