Kapolda Papua Berhasil Identifikasi dan Tangkap 6 KKB

Antara ยท Kamis, 06 Mei 2021 - 20:29:00 WIT
Kapolda Papua Berhasil Identifikasi dan Tangkap 6 KKB
Kepala Polda Papua, Inspektur Jenderal Polisi Mathius Fakhiri. Foto: Antara

JAYAPURA, iNews.id - Kapolda Papua, Irjen Mathius Fakhiri, memastikan telah mengidentifikasi dan menangkap 6 kelompok kriminal berenjata (KKB) dalam keadaan hidup-hidup. Kelompok-kelompok tersebut sering melakukan aksi penembakan dan meresahkan rakyat.

"Penegakan hukum tetap dilakukan mengingat aksi-aksi penembakan yang dilakukan sudah sangat meresahkan," kata dia, di Jayapura, Kamis (6/5/2021). 

Dia mengatakan, enam kelompok yang kini dilabeli teroris itu berhasil diamankan tersebut merupakan pimpinan Lekagak Telenggen dan Egianus Kogoya. Sekarang ini mereka sedang menjalani pemeriksaan intensif.

Menurut Mathius, untuk mengungkap kelompok bersenjata diperlukan langkah-langkah khusus agar pelaku dapat diamankan dalam keadaan hidup. Dengan begitu, penyidik dapat memeriksa mereka dan menggali jaringan-jaringannya.

"Enam kelompok itu di antaranya yang dipimpin Lekagak Telenggen dan Egianus Kogoya," kata dia.

Mathius turut berharap anggota kelompok bersenjata mau kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi dan berbaur dengan masyarakat lainnya. Maka aparat turut mendorong agar seluruh elemen masyarakat termasuk kepala daerah turut berpartisipasi.

"Diharapkan anggota KKB sadar dan mau bergabung dengan masyarakat lainnya," katanya. 

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: