Kecewa Pengumuman CPNS, Warga Bakar Kantor Badan Kepegawaian Mamberamo Raya

Antara ยท Jumat, 28 Agustus 2020 - 18:35:00 WIT
Kecewa Pengumuman CPNS, Warga Bakar Kantor Badan Kepegawaian Mamberamo Raya
Kantor BKD Memberamo Raya dibakar massa. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Mamberamo Raya dibakar oleh sekelompok warga. Motifnya diduga karena kecewa dengan hasil pengumuman tes CPNS Formasi 2018.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal mengatakan, insiden perusakan dan pembakaran ini terjadi pada Jumat (28/8/2020) siang, sekitar pukul 11.00 WIT.

"Informasi yang kami terima, warga kecewan terkait hasil pengumuman CPNS 2018 oleh pemerintah setempat," kata Kombes Pol Kamal di Kota Jayapura, Papua, Jumat sore,

Kronologinya bermula saat ratusan warga yang diduga tak lolos formasi CPNS berkumpul di Distrik Kasonaweja, Kabupaten Mamberamo Raya. Mereka menyeberang ke Burmeso menggunakan speedboat.

"Dalam perjalanan ke arah Burmeso, massa melakukan aksi anarkistis dengan melempari batu sejumlah perkantoran, termasuk kantor KPU setempat," ujar dia.

Awalnya warga hanya ingin pergi ke kantor BKD Mamberamo Raya untuk menemui pejabat terkait. Mereka ingin menanyakan perihan pengumuman CPNS yang telah beredar di publik.

"Saat itu Kapolres Memberamo Raya sudah di TKP dengan pengawalan sejumlah personel untuk menenangkan massa. Namun jumlah mereka sangat banyak, sekitar 500-an orang," katanya.

Warga kemudian merusak dan membakar kantor BKD. Usai melampiaskan rasa kesalnya itu, warga pun membubarkan diri dengan menggunakan speedboat.

"Mereka membubarkan diri, kembali ke rumah masing-masing dengan menggunakan speedboat dan perahu, karena mereka bukan tinggal di Burmeso, ada yang di Kasonaweja dan distrik lainnya," katanya.

Hingga kini aparat kepolisian masih berjaga-jaga di sekitar perkantoran di Distrik Burmeso dan Kasonaweja. Situasi di daerah tersebut sementara terpantau mulai kondusif, dan api sudah dipadamkan.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal