Kepala Daerah Terpilih Belum Dilantik, Sekda di Papua Akan Jabat Plh Bupati

Antara ยท Jumat, 26 Februari 2021 - 10:40:00 WIT
Kepala Daerah Terpilih Belum Dilantik, Sekda di Papua Akan Jabat Plh Bupati
Penjabat Sekda Provinsi Papua Doren Wakerkwa (Foto: Antara/Hendrina Dian Kandipi)

JAYAPURA, iNews.id - Sekretaris daerah (sekda) akan memimpin roda pemerintahan di sejumlah daerah Papua selama belum ditentukan bupati dan wakil bupati definitif. Mereka akan menjabat sebagai pelaksana harian (plh) bupati.

Penjabat (Pj) Sekda Papua, Doren Wakerkwa mengatakan, dari rekomendasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), baru empat kepala daerah terpilih yang akan dilantik. Yakni Bupati dan Wakil Bupati Merauke, Keerom, Pegunungan Bintang dan Waropen.

"Sementara bupati dan wakil bupati terpilih hasil pilkada yang belum dilantik agar menyiapkan diri, sehingga ketika surat keputusan (SK) pelantikan turun dalam waktu dekat, sudah siap," kata Doren di Kota Jayapura, Papua, Kamis (25/5/2021).

Menurut Doren, pelantikan akan dilaksanakan dengan menyesuaikan situasi dan kondisi daerah masing-masing serta prosedur yang berlaku.

"Pasangan bupati dan wakil bupati yang terpilih sesuai prosedur akan dilantik Gubernur Papua yang diwakili Wakil Gubernur Papua," ujarnya.

Dia menjelaskan, pelantikan pasangan bupati dan wakil bupati dapat diikuti oleh masyarakat melalui siaran langsung. Sebab acara pelantikan digelar dengan peserta terbatas karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.

"Aktivitas pelantikan tetap dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan, di mana semua tamu undangan pastinya dibatasi," katanya lagi.

Dia menambahkan jadi khusus bagi masyarakat, hanya bisa menyaksikan di daerahnya masing-masing, sementara anggota DPR, pejabat pemerintah seperti asisten, sekda dapat hadir dalam kegiatan tersebut.

Sebelumnya, rencananya akan digelar pelantikan pasangan bupati dan wakil bupati dari Kabupaten Keerom, Merauke, Asmat, Pegunungan Bintang dan Waropen di Gedung Negara Jayapura pada Jumat (26/2/2021).

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: