KKB di Intan Jaya Tembaki Warga Sipil Mengaku sebagai Tentara Hutan

Antara, Herawati ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 09:55 WIB
KKB di Intan Jaya Tembaki Warga Sipil Mengaku sebagai Tentara Hutan
Penemuan korban tewas korban KKB di Intan Jaya. (Foto: iNews/Herawati).a

JAYAPURA, iNews.id - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang melakukan aksi penembakan dan penganiayaan terhadap warga sipil dan tenaga medis di Kabupaten Intan Jaya, Papua, mengaku sebagai tentara hutan. Belum ada kepastian afiliasi para pelaku dengan kelompok lainnya.

Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw mengatakan, keterkaitan mereka dengan KKB di sejumlah daerah masih didalami petugas. Namun aksi mereka beberapa hari terakhir telah menewaskan dua orang, termasuk tenaga medis.

"Berdasarkan laporan yang diterima, KKB yang menyerang itu mengaku sebagai tentara hutan," kata Irjen Waterpauw, di Kota Jayapura, Papua (3/6/2020).

Polisi juga masih menyelidiki terkait keterlibatan KKB tentara hutan ini dengan aksi penyerangan pospol 99 Bogobaida, Kabupaten Paniai. Dalam insiden tersebut, tiga pucuk senjata milik anggota polisi dirampas.

"Kami akan bersinergi dengan Satgas Sirih Pinang dalam melakukan penegakan hukum di wilayah itu," katanya.

Sebelumnya seorang warga sipil di Kabupaten Intan Jaya ditemukan tewas dengan tubuh penuh luka tembak. Para pelaku sempat mendatangi perkampungan warga dan menyatakan diri mereka sebagai tentara hutan.

Kasus serupa juga pekan lalu ketika dua orang tenaga medis yang sedang melakukan sosialisasi Covid-19 dianiaya oleh kelompok KKB tersebut. Dalam peristiwa ini satu orang tewas, dan korban kritis juga meninggal dunia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal