Satgas TNI - Polri Kejar KKB Tembaki Warga Sipil di Intan Jaya

Antara, Herawati ยท Selasa, 02 Juni 2020 - 10:20 WIT
Satgas TNI - Polri Kejar KKB Tembaki Warga Sipil di Intan Jaya
Evakuasi korban meninggal dunia ditembaki KKB. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Satuan Tugas Operasi Nemangkawi sedang memburu kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang menembak warga sipil di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Dalam insiden tersebut, korban bernama Yunus Sani meninggal dunia di lokasi kejadian.

Korban tewas setelah ditembak KKB saat melakukan perjalanan darat di Jalan Trans-Papua dari Kabupaten Intan Jaya menuju ke Kabupaten Nabire, Jumat (29/5/2020).

Kronologi berawal saat Yunus tiba di daerah perbatasan Kabupaten Intan Jaya dan Kabupaten Paniai, tepatnya di Gunung Magataga. Korban diadang oleh KKB, kemudian ditembaki hingga meninggal dunia di tempat.

Saat ini, personel Satgas Operasi Nemangkawi dan Polda Papua terus mengejar para pelaku KKB yang melarikan diri. Kelompok ini diduga bersembunyi di lokasi pegunungan dan hutan-hutan dengan kondisi medan terjal.

Sebelumnya, Ketua DPW Badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (BAIN HAM RI) Papua, Albert Ali Kabiay, menganggap peristiwa yang terjadi terhadap Yunus Sani adalah tindak kekejaman dan kejahatan.

"KKB Papua layak sekali disebut sebagai teroris, karena mereka kerap kali menebar teror kepada masyarakat. Bahkan, warga sipil tak berdosa pun mereka tembaki hingga meninggal dunia," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal