KKB Juga Bakar Pesawat Rusak di Bandara Ilaga

Andi Mohammad Ikhbal ยท Jumat, 04 Juni 2021 - 17:41:00 WIT
KKB Juga Bakar Pesawat Rusak di Bandara Ilaga
Pesawat rusak yang dibakar KKB di Ilaga, Kabupaten Puncak Papua. (Foto: Istimewa)

JAYAPURA, iNews.id - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) masih terus menyebar teror. Selain membakar tower Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, KKB juga membakar pesawat di bandara itu, Jumat (4/6/2021).

Pesawat yang dibakar diketahui sudah rusak. Aksi KKB ini dinilai hanya untuk memprovokasi.

Satgas Operasi Nemangkawi memastikan KKB tak pernah menguasai Bandara Aminggaru Ilaga. Mereka hanya masuk untuk melakukan aksi anarkistis di lokasi tersebut.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan, saat ini tim gabungan TNI Polri sudah mengamankan bandara dari gerombolan KKB.

"Mereka tak pernah menguasai bandara, hanya menyerang dan membakar fasilitas saja," kata Kombes Pol Iqbal dalam keterangannya, Jumat (4/6/2021).

Dia mengatakan, untuk sementara kondisi bandara masih ditutup. Operasional penerbangan belum ditunda sementara karena masalah keamanan di tempat tersebut.

Sebelumnya KKB melakukan aksi anarkistis di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Pauncak, Papua. Mereka membakar tower, perumahan dan kantor perhubungan, ruang tunggu bandara, rumah dan kios warga di areal bandara.

Sempat terjadi baku tembak antara personel gabungan TNI Polri dan KKB yang sedang mendiami bandara. Saat ini para pelaku sudah dipukul mundur aparat gabungan.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Ilaga, Herman Sujito juga mengatakan, tidak ada staf perhubungan yang tewas atau terluka dalam serangan KKB ini.

"Seluruh staf aman karena sejak meningkatnya gangguan KKB, kami tidak lagi mendiami perumahan yang terletak di dekat kawasan bandara," kata Herman di Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (4/6/2021).

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2