Kodam Kasuari Bentangkan Merah Putih di Puncak Kobrey Pegunungan Arfak Papua Barat

Antara · Senin, 16 Agustus 2021 - 08:57:00 WIT
Kodam Kasuari Bentangkan Merah Putih di Puncak Kobrey Pegunungan Arfak Papua Barat
Pembentangan bendera merah putih di Puncak Kobrey, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, Minggu (15/8/2021). (ANTARA/Hans Arnold Kapisa)

MANOKWARI, iNews.id - Kodam XVIII/Kasuari melaksanakan touring merah putih lintas Kabupaten Manokwari-Pegunungan Arfak untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan ini dipimpin langsung Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Touring Kodam Kasuari ini menggandeng komunitas trail  yang mengambil titik start dari Makodam XVIII/Kasuari di Manokwari dan finish di puncak Kobrey, Distrik Anggi, Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf), Rombongan menempuh jarak 200 kilometer dengan 10 jam perjalanan pulang pergi.

Di puncak Kobrey, Pangdam beserta rombongan juga melaksanakan pembentangan dan pengibaran bendera merah putih formasi angka 76.

Momen pengibaran bendera ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada seluruh lapisan masyarakat kemerdekaan Indonesia diraih dari hasil perjuangan bersenjata dengan mempertaruhkan nyawa.

Dalam sambutannya, Pangdam menyampaikan terima kasih dan rasa kebanggaan yang luar biasa kepada Bupati Yosias Saroy, para kepala suku dan para tokoh serta masyarakat Pegunungan Arfak hingga saat ini dapat menjaga bendera merah putih tetap berkibar di daerah ini.

“Ke depan, saya juga menginginkan adanya anak-anak dari Pegunungan Arfak ikut serta dalam membangun Tanah Papua Barat ini. Baik itu lewat pengabdian menjadi TNI, Polri, PNS dan bidang lainnya dengan bekal pendidikan dan kerja keras,” kata Pangdam, Minggu (15/8/20210.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga menampilkan salah satu putri asal Pegaf yaitu Sersan Dua (K) Anike Warfandu berasal dari Kampung Wingoyut, Distrik Minyambouw yang menjadi prajurit TNI dan tergabung dalam Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad).

Bupati Pegaf Yosias Saroy menyampaikan momen kedatangan Pangdam tersebut sangat diinginkan oleh dirinya dan masyarakat.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: