Kronologi Baku Tembak yang Tewaskan 1 KKB di Intan Jaya: Berawal dari Berondongan Tengah Malam

Andi Mohammad Ikhbal · Minggu, 28 Februari 2021 - 14:17:00 WIT
Kronologi Baku Tembak yang Tewaskan 1 KKB di Intan Jaya: Berawal dari Berondongan Tengah Malam
Prajurit TNI saat tugas di Papua. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Prajurit TNI kembali terlibat kontak tembak dengan Kelompok kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Kali ini baku tembak terjadi di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Minggu (28/2/2021) pukul 00.15 WIT.

Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa menjelaskan, kronologi peristiwa ini bermula dari dua anggota KKB bergerak dari arah belakang memberondong Pos TNI dengan tembakan pada tengah malam. Prajurit kemudian membalas tembakan yang menewaskan salah satu anggota separatis tersebut.

"Satu orang dilumpuhkan, sedangkan seorang lagi lari meninggalkan temannya sambil membawa senjata. Dari pihak TNI tidak ada korban" ujarnya, Minggu (28/2/2021).

Dia menjelaskan, adanya serangan ini sekaligus menunjukan KKB masih terus aktif mengganggu pos dan aktivitas TNI. Aksi mereka selalu berulang seperti itu, yakni menembaki pos kemudian lari meninggalkan teman yang tewas.

"Yang selamat selalu membawa kabur senjata temannya dan di-posting di media sosial korban merupakan warga sipil. Motifnya selalu seperti begitu," katanya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2