Kronologi Lengkap dan Fakta Keributan di Rumah Duka Wagub Papua Klemen Tinal

Andi Mohammad Ikhbal ยท Minggu, 23 Mei 2021 - 16:42:00 WIT
Kronologi Lengkap dan Fakta Keributan di Rumah Duka Wagub Papua Klemen Tinal
Warga dan kerabat menyambut jenazah Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal. (Foto: MNC/Chanry Andrew Suripatty)

JAKARTA, iNews.id - Keributan sempat terjadi di Rumah Dinas Wakil Gubernur Papua di Jalan Trikora Dok V, Jayapura, Sabtu (22/5/2021) pukul 20.38 WIT. Peristiwa ini bermula dari ketidakpuasan ratusan masyarakat pegunungan yang datang ke rumah duka untuk meminta kejelasan penyebab meninggalnya Wagub Papua Klemen Tinal.

Informasi dirangkum iNews, kronologi dan fakta kejadian bermula saat massa dari masyarakat pegunungan datang dengan membawa panah dan parang serta melakukan tarian adat di depan rumah duka pada pukul 20.38 WIT.

Pada pukul 20.55 WIT, secara spontan massa sejumlah 60 orang masuk ke dalam rumah duka dan melakukan penyerangan serta perusakan. Aparat dan masyarakat yang berada di dalam rumah berlari ke belakang 

Suasana ketegangan bisa diredam setelah beberapa pejabat kepala daerah di pegunungan di antaranya Bupati Puncak Wiliam Wandik, Bupati Mamberamo Tengah Ham Pagawak Dan Kepala Suku Datang menenangkan konsentrasi masyarakat pada pukul 21.09 WIT.

Lalu Asisten I Prov Papua Doren Wakerkwa memberi penjelasan terkait kedatangan jenazah almarhum pada pukul 21.15 WIT. Inti penyampaiannya, keberangkatan jenazah sedikit terlambat karena harus mengurus surat kelengkapan untuk dikirim ke Papua.

"Rencana awal kami harus berangkat dari Jakarta jam 09.00 WIT. Namun ada kendala sehingga kami harus berangkat pukul 11.00 WIT dari Jakarta sehingga tiba di Jayapura pukul 18.00 WIT," katanya.

"Apa yang telah terjadi kami hanya bisa serahkan kepada Tuhan. Kami sangat merasakan kehilangan besar hari ini telah berpulang anak bangsa terbaik di negeri ini," kata Doren.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2