Mabes Polri: Tidak Ada Pendekatan Militer Tangani Persoalan Papua

Antara ยท Senin, 30 November 2020 - 12:20:00 WIT
Mabes Polri: Tidak Ada Pendekatan Militer Tangani Persoalan Papua
Seorang anggota KKB menyatakan kembali ke NKRI disaksikan warga Distrik Mbua, Papua, Sabtu (26/9/2020). (Foto: Istimewa)

TIMIKA, iNews.id - TNI dan Polri dipastikan tidak mengedepankan pendekatan militeristik dalam penanganan berbagai persoalan di wilayah Papua dan Papua Barat. Langkah ini termasuk cara menyikapi gerakan dan teror Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, selama ini yang ditekankan kepada para KKB hanya penegakan hukum. TNI hanya membantu aparat kepolisian.

"Tidak ada pendekatan militer yang dilakukan. Polisi yang dikedepankan, rekan-rekan TNI membantu," kata Irjen Argo di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Minggu (29/11/2020).

Namun sebelum langkah penegakkan hukum, ada upaya preventif mulai dari dialog, komunikasi dan lain-lain. Mereka yang melakukan tindakan pidana, tentu ada hukumannya sesuai undang-undang.

Dia memastikan, kehadiran aparat TNI dan Polri di tengah masyarakat Papua justru untuk membantu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.

"Kita sama-sama menjaga jangan sampai masyarakat mendapat intervensi dari kelompok-kelompok yang lain yang pandangannya tidak setuju dengan kehadiran TNI dan Polri," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal