Manfaatkan Semua Masjid, Bupati Teluk Wondama Izinkan Pelaksanaan Salat Id

Antara ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 04:55 WIB
Manfaatkan Semua Masjid, Bupati Teluk Wondama Izinkan Pelaksanaan Salat Id
Umat Muslim melaksanakan ibadah salat Idul Fitri. (Foto: Antara).

TELUK WONDAMA, iNews.id - Bupati Teluk Wondama, Bernadus Imburi, mengizinkan umat Muslim di daerahnya menggelar Salat Idul Fitri berjemaah di masjid atau lapangan. Alasannya karena daerah tersebut tidak tercatat sebagai zona merah virus corona, atau memiliki pasien positif Covid-19.

Menurut dia, keputusan itu diambil setelah rapat Forkopimda bersama MUI, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) serta Badan Kerjasama Antar-Gereja (BKAG) Kabupaten Teluk Wondama pada Senin (18/5/2020) lalu.

"Kita sudah setujui dan telah keluarkan edaran untuk izinkan pelaksanaan Salat Id di masjid dan musala dengan ketentuan tetap menjalankan protokol kesehatan," kata Imburi saat dikonfirmasi Rabu (20/5/2020).

Selain itu, untuk menghindari kerumumunan massa, pelaksanaan Salat Id tidak dipusatkan di satu titik. Semua masjid dan musala di Kabupaten Teluk Wondama akan dimanfaatkan sebagai lokasi pelaksanaan ibadah tersebut.

MUI Teluk Wondama nantinya akan mengatur pembagian lokasi ibadah di semua masjid dan musala. Dengan begitu protokol kesehatan yakni menerapkan physical distancing dapat diterapkan saat salat berjemaah.

"Karena berkumpul di satu tempat tidak menjamin adanya jaga jarak," ujar dia.

Direktur RSUD Teluk Wondama yang juga juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Teluk Wondama, Yoce Kurniawan mengatakan, dari sisi kesehatan pihaknya dia menekankan agar jemaah mematuhi protokol kesehatan.

"Kami dari kesehatan mendukung tapi dengan persyaratan protokol kesehatan tetap dijalankan mulai dari pengambilan wudhu. Lalu semua harus tetap menggunakan masker," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal