Marak Teror KKB, Seribuan Orang di Intan Jaya Mengungsi

Antara ยท Selasa, 23 Februari 2021 - 16:05:00 WIT
Marak Teror KKB, Seribuan Orang di Intan Jaya Mengungsi
Warga Intan Jaya mengungsi ke kompleks pastoran. (Foto: iNews/Edy Siswanto).

INTAN JAYA, iNews.id - Sebanyak seribuan warga di Kabupaten Intan Jaya, Papua mengungsi ke Komplek Paroki Bilogai. Banyak dari mereka yakni perempuan dan anak-anak yang takut teror kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Direktur SKP Keuskupan Timika, Saul Wanimbo mengatakan, awalnya sebagian warga ada yang kembali ke kampung halaman. Namun mereka kembali lagi mengungsi, karena situasi sampai sekarang belum kondusif.

"Jadi mereka kembali lagi berlindung di Komplek Paroki Bilogai karena situasi keamanan belum kondusif," kata Saul di Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (23/2/21).

Namun Saul mengakui Keuskupan Timika belum bisa mengidentifikasi warga Intan Jaya yang mengungsi ke Timika. Sementara itu warga yang mengungsi di Kabupaten Paniai diduga sudah pindah ke Kabupaten Nabire.

Saat ini Keuskupan Timika berharap ketua-ketua kombas di Paniai dan Timika bisa berinisiatif mendeteksi pengungsi warga Kabupaten Intan Jaya yang berada di wilayah mereka.

"Ini akan menjadi tugas tim pastoral Keuskupan Timika yang ada di Nabire dan Paniai untuk mengkoordasi sumbangan yang masuk agar bisa disalurkan kepada mereka," ujar dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal