Nakes yang Hilang saat Penyerangan Kiwirok Ditemukan, Ini Penampakan Gerald

Chandry Andrew Suripatty · Kamis, 23 September 2021 - 05:13:00 WIT
Nakes yang Hilang saat Penyerangan Kiwirok Ditemukan, Ini Penampakan Gerald
Gerald Sokoy bersama Pasukan TPNPB-OPM Kodap Ngalum Kupel (Istimewa)

JAYAPURA, iNews.id - Tenaga kesehatan (nakes) Gerald Sokoy ternyata sudah ditemukan dan masih hidup. Gerald merupakan salah satu korban penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Dia sempat dinyatakan hilang.

Gerald diduga diamankan oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) yang mengklaim sebagai sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Juru bicara OPM Sebby Sambom mengatakan, nasib tenaga kesehatan, Gerald saat ini berada di tangan Brigadir Jenderal Lamek Taplo dan anak buahnya. Jenderal Lamek Taplo merupakan Pimpinan TPNPB OPM Kodap 15 Ngalum Kupel.

"Selama dalam tangan Brigjend Lamek Taplo dan anggotanya, manteri Gerald dalam keadaan sehat dan dia tidak disandera," kata Sebby melalui keterangan tertulisnya, Rabu (22/9/2021).

Sebby menambahkan, Gerald ditemukan oleh anggota TPNPB. Dia dilaporkan tersesat saat berusaha menyelamatkan diri dalam peristiwa berdarah Kiwirok. 

"Pasukan TPNPB OPM tetap lindungi Gerald Sokoy sebagai warga sipil non militer," kata dia.

Menurut Sebby, sesuai laporan resmi dari Brigadir Jenderal Lamek Taplo di mana pihaknya akan menyerahkan Gerald Sokoy kepada pihak keluarga melalui pihak Gereja dan Pemerintah Pegunungan Bintang.

"Sesuai laporan resmi Brigjen Lamek Taplo, mereka akan serahkan Gerald Sokoy melalui pihak gereja atau pemerintah daerah Kabupaten Pengunungan Bintang secara terhormat," kata dia.

Sebby meminta warga bersabar. Saat ini, pihaknya sedang menentukan waktu untuk menyerahkan Sokoy.

"Akan diatur dari kami TPNPB OPM kepada pihak gereja atau pemerintah daerah. Kami akan atur sesuai situasi dan kondisi yang kami hadapi, oleh karena itu semua pihak khususnya seluruh rakyat Papua tetap bersabar," katanya.

"Saya sebagai Panglima militer TPNPB-OPM Kodap Ngalum Kupel berharap aparat TNI-Polri jangan menghalangi proses ini, tetap ditangani oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pengunungan Bintang dan Gereja mana yang tepat. kami akan atur," kata dia.

 Seperti diketahui, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), menyerang dan membakar Puskesmas Kiwirok. Suster Gabreilla Meilani, seorang tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas Kiwirok, gugur dalam serangan tersebut. Serangan ini juga membuat empat nakes luka-luka dan seorang nakes bernama Gerald Sokoy belum ditemukan. 

Kelompok TPNPB OPM bertanggung jawab dan berada di balik perang TPNPB-OPM   di Distrik Kiwirok, (13/9/2021).

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: