ODP Karantina BPSDM Jayapura Terapkan Disiplin Semi-Militer

Antara ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 10:35 WIB
ODP Karantina BPSDM Jayapura Terapkan Disiplin Semi-Militer
Ilustrasi lokasi karantina. (Foto: Okezone).

JAYAPURA, iNews.id - Puluhan warga yang menjalani karantina di Balai Pendidikan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, menjalani disiplin semi-militer. Proses penanganan para pasien juga sesuai standar hampir menyerupai rumah sakit.

Penanggung jawab Posko BPSDM Kotaraja, Darwin Rumbiak mengatakan, warga yang menjalani isolasi di sana menerapkan standar disiplin semi-militer. Namun penanganan mereka di bawah petugas dari dinas kesehatan (dinkes).

"Ada tiga tim yang bertugas di BPSDM Kotaraja di bawah komando Provinsi Papua didampingi tim dari Kesdam," kata Darwin di Kota Jayapura, Papua, Rabu (3/6/2020).

Protokol di sana juga hampir menyerupai rumah sakit. Mulai dari alur masuk, alur ke luar sampai dengan makan para pasien ini. Petugas juga mendapat pendampingan dari Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) dan kedokteran Universitas Cenderawasih.

Sebelumnya sebanyak 73 orang dalam pengawasan atau ODP di Kota Jayapura, menjalani karantina di Balai Pendidikan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kotaraja. Mereka dinyatakan reaktif hasil rapid test, sehingga harus diisolasi sambil menuggu hasil tes swab.

"Tapi kami hanya menampung ODP saja," kata Darwin.

Penampungan di BPSDM Kotaraja, menurut dia, satu orang satu kamar kecuali ibu dan anak, itu bisa dalam satu kamar. Masa isolasi berkisar 3-6 hari, menunggu hasil tes swab. Bila negatif akan dipulangkan, namun mereka yang positif dirujuk ke rumah sakit.

Mereka yang diizinkan pulang, kata dia, akan diantar oleh petugas ke rumahnya. Lalu keluarga pun diedukasi agar warga ini menjalani isolasi mandiri selama 14 hari ke depan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal