Papua Diprediksi Terdampak La Nina, Begini Imbauan Presiden Jokowi

Antara ยท Selasa, 13 Oktober 2020 - 12:45:00 WIT
Papua Diprediksi Terdampak La Nina, Begini Imbauan Presiden Jokowi
Presiden Jokowi di Istana Presiden. (Foto: Dok iNews).

JAYAPURA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pihak untuk mewaspadai peningkatan curah hujan bulanan di Indonesia karena fenomena La Nina. Papua diprediksi sebagi wilayah yang terdampak pada periode Desember 2020 - Februari 2021.

"Laporan yang saya terima dari BMKG, fenomena La Nina diprediksi akan menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi jumlah curah hujan bulanan, naik 20-40 persen di atas normal," kata Jokowi dalam rapat terbatas melalui konfrensi video, Selasa (13/10/2020).

La Nina merupakan anomali suhu permukaan laut Samudera Pasifik tropis bagian tengah dan timur yang lebih dingin daripada kondisi normalnya. Karena itu Presiden berharap daerah-daerah terdampak bisa mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi.

"Karena itu saya ingin agar kita semuanya menyiapkan diri mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi," ujar dia.

Sebelumnya BMKG mengatakan dampak La Nina tidak seragam di seluruh Indonesia. Pada Oktober-November 2020, peningkatan curah hujan bulanan akibat La Nina dapat terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia kecuali Sumatera.

Selanjutnya pada Desember hingga Februari 2021, peningkatan curah hujan akibat La Nina dapat terjadi di Kalimantan bagian timur, Sulawesi, Maluku-Maluku Utara dan Papua.

Peningkatan curah hujan yang tinggi itu dikhawatirkan akan menyebabkan bencana hidrometeorologi, seperti tanah longsor dan banjir, sehingga semua pihak perlu segera melakukan langkah-langkah mitigasi untuk mengurangi risiko bencana agar tidak ada korban jiwa.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal