Papua Jadi Provinsi Paling Banyak Direkomendasikan Gelar Pemungutan Suara Ulang

Felldy Utama ยท Jumat, 18 Desember 2020 - 12:28:00 WIT
Papua Jadi Provinsi Paling Banyak Direkomendasikan Gelar Pemungutan Suara Ulang
Ilustrasi pilkada. (Foto: KORAN SINDO)

JAKARTA, iNews.id - Papua menduduki peringkat pertama menjadi provinsi yang paling banyak direkomendasikan menggelar pemungungtan suara ulang (PSU). Ini berdasarkan hasil evaluasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menyampaikan, hasil pengawasan lembaganya, ternyata dalam tahapan pemungutan suara masih banyak ditemukan kesalahan maupun kesengajaan yang dilakukan petugas KPPS. Total Bawaslu telah mengeluarkan sebanyak 111 rekomendasi pelaksanaan PSU di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang bermasalah.

"Yang tertinggi ada di Papua. Ada 25 rekomendasi. Kemudian di Sulawesi Tengah 20 rekomendasi dan di Sumatera Barat 12 rekomendasi," ujarnya di Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Dia mengungkapkan, rekomendasi PSU ini diterbitkan hampir di semua provinsi yang menggelar Pilkada Serentak 2020. Bawaslu juga sudah mendatangi TPS yang seringkali setiap pemilihan itu selalu saja menggelar PSU.

"Kami kemarin memastikan KPPS yang akan menyelenggarakan pemilihan ini sudah mengalami pergantian sehingga diharapkan hasilnya lebih baik ya," katanya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: