Pascademo Anarkistis di Jayapura, Sebagian Masyarakat Bermalam di Lantamal X

Edy Siswanto, Antara ยท Kamis, 29 Agustus 2019 - 23:12:00 WIT
Pascademo Anarkistis di Jayapura, Sebagian Masyarakat Bermalam di Lantamal X
antor MRP yang dirusak massa saat demonstrasi yang berlangsung anarkistis di Jayapura, Papua, Kamis (29/8/2019). (Foto: iNews/Edy Siswanto)

JAYAPURA, iNews.id – Pascademonstrasi yang berlangsung anarkistis di Jayapura, Papua, sebagian masyarakat memilih untuk bermalam di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) X di Kawasan Hamadi, Jayapura, Kamis (29/8/2019). Masyarakat yang memilih bermalam di Lantamal X tersebut berasal dari kawasan sekitar Entrop, Hamadi.

Dari pantauan, masyarakat yang mengungsi tersebut terdiri atas ibu-ibu dan anak-anak. Sementara pria dewasa tetap tinggal untuk menjaga rumah.

Sebelumnya terjadi demonstrasi anarkitis di kawasan tersebut. Unjuk rasa dimulai sejak pagi waktu setempat hingga petang. Massa mulai membubarkan diri sekitar pukul 18.00 WIT, seelah dipukul mundur oleh aparat gabungan TNI dan Polri dengan menggunakan gas air mata. Sementara itu, kondisi dan situasi Kota Jayapura, Papua, pada pukul 18.30 WIT berangsur pulih, pascaunjuk rasa rusuh tersebut.

Unjuk rasa tersebut menimbulkan kerusakan material di berbagai tempat dari Sentani, Abepura, Kotaraja hingga Jayapura. Massa pengunjuk rasa sebelumnya sempat membakar beberapa gedung dan pertokoan sepanjang Abepura, Entrop dan Jayapura. Bangunan Kantor Telkomsel dan Pos Jayapura juga dibakar.

Bangunan Kantor Bank Indonesia Perwakilan Papua, RS Provita Jayapura, Mall Jayapura, dan pertokoan yang berada di sekitarnya dilempari dan dirusak massa pengunjuk rasa.

Massa juga melempari rumah-rumah di sekitar jalan raya Abepura, Jayapura. Para demonstran yang melakukan longmarch di sekitar Polimak Jayapura, turut membakar kawasan ekonomi di Papua Trade Center di Entrop Jayapura Selatan. Mobil dinas dan sejumlah mobil di jalan dirusak dan dibakar.

Editor : Maria Christina

Bagikan Artikel: