Massa Mulai Bubar, Demo Anarkistis Sisakan Kerusakan di Sepanjang Jalan Jayapura

Edy Siswanto, Antara ยท Kamis, 29 Agustus 2019 - 19:56:00 WIT
Massa Mulai Bubar, Demo Anarkistis Sisakan Kerusakan di Sepanjang Jalan Jayapura
Kantor MRP yang dirusak massa saat demonstrasi yang berlangsung anarkistis di Jayapura, Papua, Kamis (29/8/2019). (Foto: iNews/Edy Siswanto)

JAYAPURA, iNews.id – Massa yang berdemonstrasi sejak Kamis pagi (29/8/2019), di Jayapura, mulai membubarkan diri setelah sekitar pukul 18.00 WIT, setelah aparat gabungan TNI dan Polri menembakkan gas air mata. Situasi di kota ini pun berangsur pulih, pukul 18.30 WIT.

Namun, demonstrasi yang berlangsung anarkistis itu meninggalkan kerusakan material di berbagai lokasi, mulai dari Sentani, Abepura, Kotaraja, hingga Jayapura. Banyak gedung perkantoran, rumah, yang rusak karena dilempari dengan batu dan ada yang dibakar.

Kantor MRP yang dibakar massa saat demonstrasi yang berlangsung anarkistis di Jayapura, Papua, Kamis (29/8/2019). (Foto: iNews/Edy Siswanto)

Dalam aksi demonstrasi itu, massa pengunjuk rasa sempat membakar beberapa gedung dan pertokoan di sepanjang Abepura, Entrop dan Jayapura. Massa juga membakar bangunan Kantor Telkomsel dan Kantor Pos Jayapura.

Massa membakar Kantor Majelis Rakyat Papua (KRP) di Kotaraja. Bangunan tembok beton ini ludes terbakar di bagian depan, tepatnya ruang rapat anggota Dewan, termasuk ruang para anggota. Massa juga membakar pos penjagaan kantor MRP.


Kantor MRP yang dirusak massa saat demonstrasi yang berlangsung anarkistis di Jayapura, Papua, Kamis (29/8/2019). (Foto: iNews/Edy Siswanto)

Selain itu, bangunan Kantor Bank Indonesia Perwakilan Papua, RS Provita Jayapura, Mall Jayapura, dan pertokoan yang berada di sekitarnya juga dilempari dan dirusak massa pengunjuk rasa.

Dari pantauan iNews, massa juga melempari rumah-rumah di sekitar jalan raya Abepura, Jayapura. Para demonstran yang melakukan longmarch di sekitar Polimak Jayapura, turut membakar kawasan ekonomi di Papua Trade Center di Entrop Jayapura Selatan. Mobil dinas dan sejumlah mobil di jalan dirusak dan ada yang dibakar.


Lapas Kelas IIA Abepura yang dibakar napi. Aksi pembakaran teradi karena napi terprovokasi dengan demonstrasi yang berlangsung anarkistis di Jayapura, Papua, Kamis (29/8/2019). (Foto: iNews/Edy Siswanto)

PT PLN Unit Wilayah Papua dan Papua Barat bahkan sempat memadamkan listrik di Kota Jayapura karena ada beberapa kabel yang terbakar bersamaan dengan bangunan kantor yang dibakar massa.

Hingga Kamis sore, massa sebagian masih menduduki Kantor Gubernur Dok II Jayapura dan sisanya berkeliaran di jalan. Akses komunikasi menggunakan telepon dan pesan singkat dimatikan sehingga masyarakat tidak dapat menghubungi satu sama lain.


Salah satu mobil yang dirusak massa saat demonstrasi yang berlangsung anarkistis di Jayapura, Papua, Kamis (29/8/2019). (Foto: iNews/Edy Siswanto)

Aparat gabungan TNI dan Polri masih terus berjaga . Sementara PLN juga masih berusaha menormalkan jaringan sehingga listrik dapat segera dipulihkan.

Editor : Maria Christina

Bagikan Artikel: