Pasien Covid-19 di Mimika Melonjak, RS Akui Kekurangan Tabung Oksigen

Antara ยท Rabu, 07 Oktober 2020 - 13:25:00 WIT
Pasien Covid-19 di Mimika Melonjak, RS Akui Kekurangan Tabung Oksigen
RSUD Mimika Papua masih merawat sejumlah pasien covid-19. (Foto: iNews/Nathan Making)

TIMIKA, iNews.id - Rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Mimika, Papua, mengaku kekurangan tabung oksigen untuk keperluan penanganan medis pasien positif virus corona. Sebab angka kasus di daerah tersebut melonjak beberapa hari terakhir.

Direktur RSUD Mimika, dr Antonius Pasullu mengatakan, rumah sakitnya membutuhkan hingga 60 tabung oksigen, sementara produksi oksigen medis di Timika sangat terbatas.

"Dari 49 pasien Covid-19 yang kini menjalani perawatan di RSUD Mimika, 25 di antaranya harus dibantu oksigen tiga ventilator," kata dr Antonius di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (7/10/2020).

Apalagi saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Mimika sudah tembus 1.800 orang. Temuan pasien terkonfirmasi positif semakin melonjak belakangan hari ini, tak sebanding dengan angka kesembuhannya.

Temuan kasus positif terbanyak berasal dari Pelabuhan Portsite Amamapare Distrik Mimika Timur Jauh sebanyak 18 kasus, diikuti 10 kasus dari Distrik Mimika Baru dan masing-masing dua kasus di Distrik Wania dan Distrik Kuala Kencana.

Wakil Presiden PT Freeport Bidang Hubungan Pemerintah, Jonny Lingga mengatakan, pihaknya selalu siap memberikan dukungan untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Mimika.

"Untuk tenaga medis, kami juga terbatas. Yang bisa kami lakukan salah satunya membantu 100 tabung oksigen ke RSUD Mimika, bulan lalu. Mereka butuh cepat jadi kami langsung bantu apalagi saat itu stoknya sangat kurang," kata Jonny.

PT Freeport melalui RS Tembagapura, kata dia, juga terus menjalin koordinasi dan komunikasi dengan RSUD Mimika maupun Dinas Kesehatan setempat terkait penanganan bersama pandemi Covid-19.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal