Pasien Positif Covid-19 di Areal Penambangan PT Freeport 51 orang

Felldy Utama, Antara · Sabtu, 02 Mei 2020 - 21:31 WIT
Pasien Positif Covid-19 di Areal Penambangan PT Freeport 51 orang
PT Freeport Indonesia. (Foto: AFP)

JAYAPURA, iNews.id - Pasien positif corona atau Covid-19 di kawasan penambangan PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, saat ini tercatat sebanyak 51 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak sembilan orang di antaranya dirawat di RS Tembagapura Distrik Tembagapura.

"Sementara pasien positif Covid-19 lainnya melakukan isolasi mandiri," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mimika dr Raynold Ubra di Jayapura, Sabtu (2/5/2020).

Raynold mengatakan, berdasarkan keterangan yang diperoleh, manajemen PT Freeport sudah menyediakan tempat khusus isolasi bagi karyawan yang positif. Begitu juga untuk karyawan yang masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona.

"Saat ini sudah ada tempat isolasi untuk mereka yang positif dan masuk kategori PDP," kata Ubra yang juga kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika.

Namun, Ubra mengaku tidak mengetahui secara pasti apakan mereka yang terpapar Covid-19 seluruhnya karyawan PT Freeport. Laporan sejauh ini menyebutkan mereka yang positif Covid-19, baik yang dirawat di RS Tembagapura maupun menjalani isolasi mandiri terdiri atas ​​karyawan PT Freeport maupun karyawan subkontraktor.

Terpisah, Juru Bicara (Jubir) PT Freeport Reza Pratama mengatakan, operasional PT Freeport sejauh ini masih normal di tengah pandemi corona. Manajemen juga terus memonitor situasi dan keadaan selama masa pandemi.

"PT FI selalu berkoordinasi dan memberikan update kepada Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Mimika atas kondisi perusahaan," katanya.

Diketahui, hingga Sabtu (2/5/2020), total pasien positif corona atau Covid-19 di Provinsi Papua menjadi 240 orang. Jumlah ini bertambah 30 orang dibandingkan data Jumat (1/5/2020).

Sementara jumlah pasien positif corona yang sembuh dari virus corona tidak bertambah hari ini, tetap 48 orang. Pasien yang meninggal dunia juga tidak bertambah dibandingkan Jumat kemarin sebanyak 6 orang.


Editor : Maria Christina