Penembakan KKB di Nduga, Prajurit TNI Sempat Menahan Diri saat Korban Melintas

Chanry Andrew Suripatty ยท Rabu, 07 Oktober 2020 - 11:50:00 WIT
Penembakan KKB di Nduga, Prajurit TNI Sempat Menahan Diri saat Korban Melintas
Evakuasi korban meninggal dunia ditembaki KKB. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Insiden penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga, Papua, menewaskan seorang warga sipil. Korban dipastikan terkena tembakan kelompok separatis tersebut, karena prajurit TNI sempat menahan diri saat ada yang melintas.

Kepala Penerangan Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan, sempat terjadi penyerangan KKB di pos TNI yang berada di Pasar Baru Kenyam, Kabupaten Nduga.

"Ada tiga kali tembakan dari arah sungai depan kamp PT Dolarosa. Pada saat yang sama, melintas motor yang dikendarai korban," kata Kolonel Suriastawa dalam keterangan yang diterima di Kota Jayapura, Papua, Selasa (6/10/2020).

Saat melintas pos, korban sudah diingatkan untuk berbalik arah, karena sedang ada gangguan tembakan dari kelompok bersenjata tersebut. Namun korban atas nama Yulius Wetipo (34), tetap melanjutkan perjalanannya.

"Saat gangguan tembakan terjadi lagi sebanyak lima kali, korban baru berbalik arah namun dia terkena tembakan dan terjatuh," ujar dia.

Danpos TNI yang ada di Pasar Baru Kenyam segera memanggil ambulans untuk membantu proses evakuasi korban ke Puskesmas terdekat sambil menunggu gangguan tembakan reda.

Sampai dengan gangguan tembakan dari KKB berhenti, seluruh prajurit di pos tersebut tidak ada yang membalas tembakan. Karena sumber dan arah tembakan yang tidak menentu.

"Tidak ada yang membalas tembakan sehingga dipastikan bahwa korban Yulius terkena tembakan kelompok KKB yang diperkirakan kelompok Egianus Kagoya," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal