Peringatan HUT ke-75 RI di Jayawijaya Papua, Bupati: Ini Upacara Paling Sederhana

Antara ยท Senin, 17 Agustus 2020 - 14:50:00 WIT
Peringatan HUT ke-75 RI di Jayawijaya Papua, Bupati: Ini Upacara Paling Sederhana
Pelaksanaan HUT RI di Jayawijaya. (Foto: Antara).

WAMENA, iNews.id - Pelaksanaan upacara HUT ke-75 RI di Kabupaten Jayawijaya, Papua, berjalan dengan sangat sederhana. Hal inipun diakui oleh Bupati Jhon Richard Banua usai menjadi inspektur upacara.

"Sampai saya jadi bupati bersama Wakil Bupati, Marthin Yogobi, memang upacara paling sederhana itu hari ini," kata Bupati Jhon di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (17/8/2020).

Namun menurut dia, kondisi ini bukanlah masalah. Sebab yang terpenting memaknai HUT ke-75 RI tersebut di tengah pandemi Covid-19. Sebab fokus pada perayaan hari kemerdekaan ini hanya upacara saja.

"Kami tetap laksanakan upacara dan tetap mengedepankan protokol kesehatan," ujar dia.

Sejumlah tradisi pada HUT RI tahun ini, kata dia, dikurangi. Antara lain, tidak ada kunjungan ke taman makam pahlawan serta kunjungan ke sejumlah lapas untuk pemberian remisi kepada narapidana.

Pantauan di lokasi upacara, ada batasan peserta yang hadir. Mereka pun diminta waji memakai masker, melakukan pengecekan suhu badan, serta menggunakan hand sanitizer sebelum masuk ke tempat upacara.

Upacara yang berlangsung singkat di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Jayawijaya ini juga tidak diwarnai berbagai kegiatan lomba sepert tahun-tahun sebelumnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal