Pernah Jadi Bhabinkamtibmas, Polisi di Jayapura Berhasil Bujuk Keluarga Jenazah Covid-19

Antara ยท Jumat, 21 Agustus 2020 - 15:30:00 WIT
Pernah Jadi Bhabinkamtibmas, Polisi di Jayapura Berhasil Bujuk Keluarga Jenazah Covid-19
Anggota polisi di Jayapura edukasi warga soal penanganan Covid-19. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Seorang polisi di Kota Jayapura, Papua, berhasil membujuk keluarga dari jenazah yang meninggal dunia suspek Covid-19. Komunikasi ini dilakukan berbekal pengalamannya sebagai Bhabunkamtibmas.

Kepala Unit Bin Tibmas Sat Binmas Polresta Jayapura Kota, Aiptu Muhammad Naufal Saefuddin mengatakan, hal ini dialami saat bertugas sebagai Tim Reaksi Cepat (TRC) Satgas Penanganan Covid-19 dari Polresta Jayapura.

"Ketika itu saya menjemput jenazah meninggal dunia di salah satu perumahan di Distrik Abepura, Kota Jayapura," kata Aiptu Naufal di Kota Jayapura, Papua, Jumat (21/8/2020).

Saat itu, tim harus membawa jenazah ke rumah sakit untuk dilakukan prosedur pemakaman sesuai SOP penanganan Covid-19. Namun keluarga menolaknya dengan berbagai macam alasan.

Aiptu Naufal, yang menjabat sebagai Kepala Unit Bin Tibmas Sat Binmas Polresta Jayapura Kota ini pun melakukan pendekatan kepada warga. Dia memberikan informasi terkait bahaya dan pencegahan Covid-19.

"Sempat terjadi negosiasi dengan warga dan keluarga jenazah. Namun kami memberikan pandangan dan pemahaman soal pencegahan dan penanganan virus corona hingga mereka mempersilahkan kami membawa jenazah," ujar dia.

Cara-cara seperti ini, kata dia, pernah dilakoninya saat menjadi Bhabinkamtibmas yang bertugas di Kelurahan Imbi, Distrik Jayapura Utara. Dia mengaku sudah terbiasa menghadapi warga dengan berbagai watak dan sikap.

Aitu Naufal juga pernah mendapat pin emas dari Kapolri 2019. Dia dianggap memiliki prestasi yang luar biasa selama bertugas. Di antaranya membina anak muda yang tergabung dalam Sekolah Sepak Bola (SSB) Bhayangkara Numbay.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal