Personel Brimob Siap Amankan Pilkada di Papua Barat di 9 Daerah

Antara ยท Senin, 30 November 2020 - 16:00:00 WIT
Personel Brimob Siap Amankan Pilkada di Papua Barat di 9 Daerah
Personel Brimob siap mengamankan pilkada di Papua Barat. (Foto: Dok iNews).

MANOKWARI, iNews.id - Satuan Brimob Polda Papua Barat mulai menggeser personel untuk membantu pengamanan di daerah-daerah yang akan menggelar Pilkada 2020. Hanya tersisa Kabupaten Fakfak dan Sorong Selatan yang belum disiapkan BKO personel Brimob.

Dansat Brimob Polda Papua Barat, Kombes Pol Semmy Ronny Thabaa mengatakan, personelnya siap secara penuh membantu pengamanan pilkada di daerah.

"Untuk personel organik Sat Brimob Polda Papua Barat sudah kami lakukan Serpas (pergeseran pasukan) sejak beberapa waktu lalu. Tersisa Fakfak dan Sorong Selatan," kata Kombes Pol Semmy di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Senin (30/11/2020).

Dia menyebutkan pada pilkada serentak tahun ini Polda Papua Barat juga mendapatkan bantuan personel sebanyak 500 orang. Ada 300 personel di antaranya sudah tiba pada Jumat (27/11/2020).

Dari 300 personel itu, 200 di antaranya ditempatkan di Kabupaten Manokwari. Mereka berasal dari Polda Bali dan Polda DIY. Sementara 100 lagi ditempatkan di Kota Sorong dari Poda Jatim.

Semmy mengatakan, pasukan BKO yang didatangkan dari sejumlah Polda di Indonesia itu saat ini masih dalam kendali Polda Papua Barat. Selanjutnya akan diserahkan kepada para Kapolres.

"Nanti Kepala Biro Operasi Polda yang akan menentukan kemana pasukan BKO ini akan ditempatkan," sebut Semmy.

Pilkada serentak di Papua Barat akan digelar di sembilan daerah yakni Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Fakfak, Kaimana, Raja Ampat dan Sorong Selatan.

Seluruh personel Brimob yang akan terlihat dalam pengamanan ini diperkirakan mencapai 900 orang, baik dari pasukan organik maupun BKO.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal