Polisi Tangkap 5 Orang Terduga Pengeroyokan Brimob di Yahukimo

Antara ยท Sabtu, 21 Desember 2019 - 18:25 WIB
Polisi Tangkap 5 Orang Terduga Pengeroyokan Brimob di Yahukimo
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw (iNews.id)

JAYAPURA, iNews.id - Polisi telah menangkap 5 orang terduga pelaku penyerangan yang menewaskan anggota Brimob Brigpol Hendra di Kabupaten Yahukimo, Papua. Kelimanya masih menjalani pemeriksaan.

"Memang benar saat ini sudah lima orang yang ditangkap dan ditahan serta diperiksa penyidik untuk mengungkap sejauh mana keterlibatan mereka," ujar Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw di Jayapura, Papua, Sabtu (21/12/2019).

Paulus mengatakan, 5 orang yang ditangkap itu kini ditahan di Mapolres Yahukimo. Menurutnya, kelimanya ditangkap karena diduga sebagai provokator terjadinya insiden di Dekai yang akhirnya memicu pengeroyokan terhadap korban yang merupakan anggota Brimob asal Polda Riau itu.

BACA JUGA: Anggota Brimob Tewas Dikeroyok Sekelompok Warga di Yahukimo Papua

Paulus menambahkan, Polda Papua tedah mengirim tim untuk membantu pemulihan di wilayah tersebut yang dipimpin Wadir Lantas AKBP Ade Jahya yang pernah menjadi Kapolres Yahukimo .

Sementara untuk menangani kasusnya, Polda Papua juga telah mengirim penyidik yang membantu Reskrim Polres Yahukimo.

Dikatakan Paulus, secara keseluruhan situasi di Dekai sudah relatif kondusif. Ia berharap agar masyarakat tidak mudah terprovokasi untuk melakukan aksi kekerasan lagi.

BACA JUGA: 2 Prajurit TNI Gugur saat Pengamanan Jelang Natal di Intan Jaya Papua

“Masyarakat diminta tidak mudah terprovokasi dan tidak melakukan tindakan anarkis,” kata mantan Kapolda Sumatera Utara ini.

Sebelumnya diberitakan, anggota Brimob Polda Riau Brigpol Hendra tewas usai dikeroyok sekelompok orang di Dekai pada Rabu (18/12/2019). Selain korban, seorang anggota Polres Yahukimo juga mengalami luka-luka namun berhasil diselamatkan.


Editor : Reza Yunanto