Prajurit TNI Kenalkan Permainan Tradisional ke Anak-anak di Perbatasan RI-Papua Nugini

Reza Fajri ยท Rabu, 05 Januari 2022 - 19:52:00 WIT
Prajurit TNI Kenalkan Permainan Tradisional ke Anak-anak di Perbatasan RI-Papua Nugini
Ilustrasi anak-anak Papua

KEEROM, iNews.idSatgas TNI memperkenalkan permainan tradisional kepada anak-anak di perbatasan Indonesia-Papua Nugini, tepatnya di Kampung Embi, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal ini dilakukan Satgas Yonif 126/KC sebagai bagian untuk mendekatkan diri kepada warga sekitar. Permainan tradisional yang diperkenalkan adalah kaki kuda atau engrang yang sempat digemari pada era 80-an.

Permainan tradisional ini dicirikan dengan penggunaan dua galah bambu yang tinggi. Alat ini kemudian digunakan dengan cara diinjak dan dipakai berjalan.

Permainan engrang dianggap sebagai bagian dari budaya Kemataraman yang penuh dengan nilai-nilai budaya Jawa.

“Di era digital ini banyak hal yang perlu dipahami dan perkembangannya juga harus diikuti, tetapi bukan berarti melupakan hal-hal yang bersejarah di masa lalu hal. Ini kami lakukan untuk mengajarkan anak-anak agar dari dini terbiasa utk melakukan hal yang positif,” kata Komandan Satgas, Letkol Inf Dwi Widodo, Rabu (5/1/2022).

Anak-anak dilaporkan terlihat sangat gembira dan antusias belajar memainkan permainan yang sebelumnya tidak mereka ketahui sama sekali ini.

Nano, salah satu anak, mengaku sangat merasa senang memainkan permainan ini. Dia pun mengaku ingin bermain engrang lagi. 

"Saya suka bermain permainan ini, besok kita main ini lagi bapak TNI," ujar Nano.

Editor : Reza Fajri

Bagikan Artikel: