Puluhan Warga di Jayawijaya Datangi Polres Bawa Ternak Babi

Antara ยท Rabu, 02 September 2020 - 11:35:00 WIT
Puluhan Warga di Jayawijaya Datangi Polres Bawa Ternak Babi
Kapolres Jayawijaya AKBP Dominggus Rumaropen melihat salah satu dari puluhan ternak babi yang dikumpulkan warga untuk bayar denda adat. (Foto: Antara).

WAMENA, iNews.id - Puluhan warga di Kabupaten Jayawijaya, Papua, mendatangi kantor polres sambil membawa ternak babi. Hewan tersebut menjadi bayaran denda adat atas kasus pembunuhan yang mengakibatkan perang dua kelompok warga.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Dominggus Rumaropen mengatakan, agenda pembayaran denda adat awalnya pada 7 September. Namun pada akhir Agustus lalu, kedua kelompok warga sudah menyediakan warm atau ternak babi.

"Akhirnya berlangsung pada Minggu (31/8/20200) kemarin. Mereka sepakat membayar denda adat di Mapolres Jayawijaya," kata AKBP Dominggus, Senin (1/9/2020) sore.

Sebanyak 65 ternak babi, masing-masing kelompok 30 dan 35 ekor dibawa ke kantor polisi. Pelaksanaan pembayaran adat berlangsung tertib, dan semua warga mengikuti prosedur kepolisian.

Saat masuk, polisi merazia mereka satu per satu untuk memastikan tidak ada yang membawa senjata tajam yang dapat memicu pertikaian dan perbuatan melanggar hukum. Kemudian petugas pun memediasi kedua pihak.

"Semua masuk ke polres tertib, teratur berjalan dengan baik," katanya.

Sebelumnya terjadi pertikaian antardua kelompok warga di Kabupaten Jayawijaya, Papua. Bentrokan ini dipicu masalah kasus pembunuhan terhadap warga, dan terjadinya aksi balas dendam dari warga lainnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal