Ratusan Tenaga Kesehatan Nyalakan Lilin atas Kematian Suster Gabriela Meilan

Chanry Andrew Suripatty ยท Jumat, 17 September 2021 - 12:00:00 WIT
Ratusan Tenaga Kesehatan Nyalakan Lilin atas Kematian Suster Gabriela Meilan
Tenaga kesehatan nyalakan lilin di Oksibil atas kematian Gabriela Melian. (Foto: Istimewa).

OKSIBIL, iNews.id – Ratusan tenaga kesehatan nyalakan lilin atas kematian suster Gabriela Meilan (22). Mereka menggelar long march di jalan raya Kota Oksibil, Pegunungan Bintang, Kamis (16/9/2021) malam.

Aksi ini merupakan bentuk duka cita para tenaga kesehatan atas penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah Kiwirok, Senin (13/9/2021) yang menewaskan seorang tenaga kesehatan, Suster Gabriela Meilan.

Sekitar 250 tenaga kesehatan ini nyalakan seribu lilin untuk mengenang kematian korban kekejaman KKB. Aksi ini dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Pegunungan Bintang mulai dari Jalan Kadibing menuju Pertigaan Mabilabol.

Aksi ini dihadiri juga para tokoh agama dan Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnita. Ratusan tenaga kesehatan ini mengeluarkan empat pernyataan sikap atas kasus kekerasan KKB yang menimpa rekannya.

Pertama, mereka meminta agar tenaga kesehatan dilindungi negara dan aparat TNI Polri. Sebab mereka merupakan garda terdepan pelayanan kesehatan masyarakat.

Kedua, mereka menyesali aksi kekerasan yang menimpa para tenaga kesehatan di Kiwirok. Selain satu orang tewas, ada seorang lagi yang dinyatakan hilang.

Ketiga, masyarakat diharap tidak menyalahkan tenaga kesehatan bila pelayanan terhenti sementara. Sebab akan ada penarikan nakes dari distrik dan kampung di Pegunungan Bintang karena aksi keji KKB.

Keempat, tenaga kesehatan hadir dan melayani warga di Pegunungan Bintang, serta seluruh wilayah Papua, bukan untuk membunuh apalagi dibunuh.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: