RSUD Mimika Operasikan Alat PCR Mandiri, Mampu Periksa 200 Spesimen

Antara ยท Selasa, 16 Juni 2020 - 15:50 WIT
RSUD Mimika Operasikan Alat PCR Mandiri, Mampu Periksa 200 Spesimen
Petugas lab melakukan pemeriksaan PCR di RSUD Mimika. (Foto: Antara).

TIMIKA, iNews.id - Rumah sakit umum (RSUD) Mimika sudah mulai mengoperasikan peralatan PCR (polymerase chain reaction) untuk melakukan tes swab pasien Covid-19. Mesin ini mampu melakukan pemeriksaan hingga 200 spesimen.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Mimika, Reynold Ubra mengatakan, pemeriksaan uji sampel sudah dilakukan sejak Jumat (12/6/2020) lalu.

"Saat ini rata-rata sekali periksa antara 94-96 spesimen. Kami sudah melihat sendiri pengoperasian mesin PCR RSUD Mimika, sungguh luar biasa," kata Reynold di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (16/6/2020).

Reynold menjelaskan mesin PCR RSUD Mimika itu merupakan mesin untuk pemeriksaan kadar virus dalam darah. Alat ini juga dapat menunjang pemeriksaan kasus HIV/Aids di Kabupaten Mimika.

Pengoperasian alat ini untuk tes swab Covid-19 baru bisa dilakukan setelah Pemkab Mimika mendatangkan secara khusus tim teknis dari Jakarta.

"Kami melihat sendiri bagaimana tim laboratorium RSUD Mimika bekerja. Tim pemeriksa di laboratorim ini dipimpin langsung oleh dr Yustika Sari, Spesialis Patologi Klinik," ujar dia.

Reynold mengapresiasi dukungan kuat dari pemerintah daerah karena bersedia menunjang pemeriksaan kasus Covid-19. Saat ini, baru Kabupaten Mimika dari 29 daerah di Papua yang sudah secara mandiri melakukan pemeriksaan PCR spesimen swab pasien.

"Ke depan kami berencana untuk mendekatkan pemeriksaan dengan melakukan pengumpulan spesimen tidak lagi di rumah sakit, tetapi dilakukan di tingkat puskesmas," katanya.

Dengan telah beroperasinya mesin PCR di RSUD Mimika itu, saat ini Mimika memiliki dan mengoperasikan dua mesin PCR. Satunya yaitu mesin PCR di Klinik Kuala Kencana milik PT Freeport Indonesia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal