Tes Swab sebelum Perjalanan Dinas, Pejabat di Mimika Malah Ketahuan Positif Corona

Antara ยท Senin, 08 Juni 2020 - 18:20 WIT
Tes Swab sebelum Perjalanan Dinas, Pejabat di Mimika Malah Ketahuan Positif Corona
Sampel pemeriksaan swab. (Foto: Sindo).

TIMIKA, iNews.id - Tiga pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintah Kabupaten Mimika terkonfirmasi positif virus corona. Satu dari tiga pasien tersebut sempat mengajukan izin untuk melakukan perjalanan dinas keluar daerah.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng mengatakan, kepala dinas ini awalnya hendak melakukan perjalanan dinas dan melakukan tes swab sebagai salah satu syarat perizinannya. Namun begitu hasilnya keluar, yang bersangkutan diketahui positif Covid-19.

"Dua lagi diketahui saat kami tes swab massal," kata Bupati Eltinus di Kabupaten Mimika, Papua, Senin (8/6/2020).

Menurut dia, saat ini ketiga pimpinan OPD ini sudah menjalani isolasi mandiri. Mereka masuk kategori orang tanpa gejala atau OPD. Agenda perjalanan dinas keluar daerah pun sementara ditunda karena adanya kasus positif Covid-19 di lingkungan pemda.

Omaleng meminta pimpinan OPD dan ASN yang belum melakukan tes swab, segera memeriksakan dirinya. Dengan begitu bisa langsung diketahui kondisi kesehatan mereka, terpapar virus corona atau tidak.

Kabupaten Mimika kini menjadi salah satu daerah dengan jumlah temuan kasus pasien positif tertinggi di Provinsi Papua yaitu dengan jumlah kasus Covid-19 sebanyak 291.

Adapun pasien yang kini menjalani perawatan dan isolasi di rumah sakit sebanyak 169 orang, yaitu 111 orang dirawat di tiga rumah sakit di Mimika dan 58 orang lainnya menjalani perawatan dan isolasi di Shelter Wisma Atlet Timika.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal