Ruangan Penuh, RSUD Nabire Tambah Tempat Khusus Perawatan Covid

Antara ยท Rabu, 14 Oktober 2020 - 16:05:00 WIT
Ruangan Penuh, RSUD Nabire Tambah Tempat Khusus Perawatan Covid
Petugas medis dengan APD lengkap masuk ke dalam ruang isolasi pasien Covid-19. (Foto: Dok iNews).

NABIRE, iNews.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nabire menambah tempat khusus penanganan dan perawatan pasien Covid-19. Sebab ruangan yang tersedia saat ini sudah penuh terisi pasien terpapar virus corona.

Sekretaris RSUD Nabire, Stefen Mareku mengatakan, sebelumnya rumah sakit menyiapkan dua ruangan khusus, salah satunya untuk perawatan TB paru, memiliki kapasitas 19 tempat tidur.

"Semua sudah penuh. Jadi kami terpaksa membuka ruangan baru, seperti VIP, ruangan kelas dan ruangan lainnya, untuk merawat pasien Covid-19," kata Stefen di Kabupaten Nabire, Papua, Rabu (14/10/2020).

Upaya ini dilakukan karena RS Nabire menjadi satu-satunya rumah sakit yang memiliki fasilitas untuk menangani pasien Covid-19. Nantinya ruang perawatan akan diatur sesuai standar dan prosedur penanganan Covid.

Untuk bangsal, kata dia, hingga kini masih cukup, karena pihaknya menggunakan tempat tidur lama yang sudah direhab total. Alat-alat tersebut kini sudah bisa dipakai kembali.

Menurut dia, RSUD Nabire memang sudah menyiapkan ruangan perawatan khusus sebelum wabah Covid-19 masuk ke Indonesia. Pihaknya sudah mengantisipasi wabah ini masuk ke Papua.

"Ternyata benar juga, virus corona mulai menyebar dan masuk ke Papua pada Maret," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal