Sambut HUT RI, Satgas Yonif 125 Bagikan Bendera Merah Putih kepada Warga Distrik Sota

Andi Mohammad Ikhbal ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 04:30 WIB
Sambut HUT RI, Satgas Yonif 125 Bagikan Bendera Merah Putih kepada Warga Distrik Sota
Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 125/Simbisa bersama warga usai pembagian Bendera Merah Putih kepada warga Kampung Sota dan Kampung Toray, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (31/7/2020). (Foto: Puspen TNI)

MERAUKE, iNews.id - Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 125/Simbisa membagikan Bendera Merah Putih kepada warga Kampung Sota dan Kampung Toray, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (31/7/2020). Kegiatan itu merupakan rangkaian menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 125/Simbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi mengatakan, kegiatan itu merupakan bagian dari pendekatan prajurit satgas terhadap masyarakat.

"Kami ingin menanamkan rasa cinta tanah air sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih kepada masyarakat," kata Letkol Inf Anjuanda Pardosi dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (31/7/2020) malam.

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 125/Simbisa berdialog dengan warga saat membagikan Bendera Merah Putih kepada warga Kampung Sota dan Kampung Toray, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (31/7/2020). (Foto: Puspen TNI)
Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 125/Simbisa berdialog dengan warga saat membagikan Bendera Merah Putih kepada warga Kampung Sota dan Kampung Toray, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (31/7/2020). (Foto: Puspen TNI)

Pembagian Bendera Merah Putih di Kampung Sota berlangsung di halaman rumah warga bernama Urbanus yang dipimpin Wadansatgas Kapten Inf Hendri Sihombing dan didampingi empat orang anggota. Sedangkan di Kampung Toray, pembagian Bendera Merah Putih dan pakaian layak pakai melibatkan enam orang prajurit satgas dari Pos Toray dipimpin Serda Frans Tarigan.

"Pembagian Bendera Merah Putih dilakukan dengan cara mendatangi langsung ke rumah-rumah warga," kata Anjuanda.

Menurut Dansatgas, kegiatan ini selain untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI, juga mengajak masyarakat untuk menghayati pentingnya arti kemerdekaan. Satgas juga ingin sekaligus memotivasi masyarakat untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh rakyat Indonesia, termasuk warga perbatasan dapat memaknai nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa dalam merebut kemerdekaan. Warga bisa mengisi kemerdekaan tersebut dengan karya nyata dan kreativitas yang positif dalam membangun bangsa," katanya.

Sementara Kasi Pemerintahan Kampung Sota, Urbanus (43), menyampaikan terima kasih kepada personel Satgas atas kepeduliannya yang telah membagikan Bendera Merah Putih kepada warganya.

Di tempat terpisah, salah satu Ketua RT Kampung Toray, Bapak Sepnat Kabarjay (56), juga menyampaikan terima kasih kepada personel satgas atas pembagian Bendera Merah Putih dan baju layak pakai kepada warganya.

"Kami akan memasang Bendera Merah Putih yang telah dibagikan. Terima kasih banyak sudah memberi kami pakaian layak pakai," ujarnya.


Editor : Maria Christina