Duh, Sejumlah Kasus Covid-19 Terbaru di Papua Dibawa Penumpang Pesawat

Antara ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 13:40 WIB
Duh, Sejumlah Kasus Covid-19 Terbaru di Papua Dibawa Penumpang Pesawat
Penumpang turun di Bandara Wamena, Jayawijaya. (Foto: Antara)

JAYAPURA, iNews.id - Sejumlah kasus baru Covid-19 di wilayah Papua dibawa oleh penumpang pesawat. Sebagian dari mereka dinyatakan positif setelah menjalani tes swab.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Papua, dr Silwanus Sumule, membenarkan masalah tersebut. Para penumpang pesawat ini datang ke beberapa daerah di Papua dan terindikasi Covid-19.

"Sejumlah penumpang yang menjalani rapid test ternyata reaktif dan dilakukan tes swab, lalu hasilnya diketahui positif," kata Sumule di Kota Jayapura, Papua, Kamis (30/7/2020) malam.

Menurut dia, kasus tersebut terjadi di Kota Jayapura dan Kabupaten Merauke. Ada empat kasus terakhir, yang mana pasiennya merupakan penumpang pesawat yang baru tiba di Kabupaten Merauke.

Dia meminta, otoritas penerbangan, khususnya bandara dapat lebih jeli melihat kasus ini. Jangan sampai ada penumpang positif Covid-19 malah berbaur dengan keluarga dan warga sekitar.

Secara kumulatif, kata Silwanus Sumule, jumlah pasien positif Covid-19 di Papua saat ini sebanyak 2.949 orang. Adapun 1.542 orang dirawat, 1.375 orang sembuh dan 32 orang meninggal.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Merauke, dr Neville, membenarkan adanya empat kasus baru Covid-19. Mereka merupakan warga yang melakukan perjalanan dari luar Papua.

"Kasus ini terungkap karena Pemerintah Kabupaten Merauke memberlakukan pemeriksaan cepat kepada warga yang baru tiba setelah mereka melakukan karantina mandiri," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal