28 Orang Lolos Seleksi Penerimaan Akpol dan Tamtama Polda Papua

Antara ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 21:01 WIB
28 Orang Lolos Seleksi Penerimaan Akpol dan Tamtama Polda Papua
Suasana pengumuman calon Tamtama Polri TA 2020 Panda Papua di aula Elsama Numberi SPN Jayapura, Kota Jayapura, Papua. (Foto: Humas Polda Papua)

JAYAPURA, iNews.id - Polda Papua akhirnya mengumumkan hasil seleksi penerimaan calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dan Tamtama Polri TA 2020 Panitia Daerah Papua, Jumat (31/7/2020). Sebanyak 28 orang lolos seleksi ini.

Adapun peserta seleksi penerimaan anggota Polri Polda Papua TA 2020 sampai pada tahap sidang kelulusan akhir, yaitu Akpol sebanyak 20 orang. Ke-20 orang tersebut terdiri atas 19 orang laki-laki dan satu orang perempuan. Sementara yang dinyatakan lulus pada seleksi tingkat Panda Papua sebanyak delapan orang, masing-masing tujuh laki-laki dan satu perempuan.

"Kegiatan sidang terbuka kelulusan akhir tingkat panda penerimaan calon taruna-taruni Akpol Polri TA 2020 Panda (Panitia Daerah) Papua telah dilaksanakan siang tadi," kata Wakapolda Papua Brigjen Pol Yakobus Marjuki di Aula Elsama Numberi SPN Jayapura, Jumat (31/7/2020).

Menurut dia, sidang kelulusan akhir bertujuan untuk memperkuat komitmen bersama dalam pelaksanaan proses penerimaan Akpol TA 2020. Proses penerimaan menjunjung tinggi prinsip bersih, transparan, akuntabel, dan humanis serta clean and clear. Dengan begitu, proses seleksi penerimaan anggota Polri semakin berkualitas dalam rangka mewujudkan Polri yang profesional, modern dan terpercaya.

"Semua tahapan seleksi harus dilakukan secara terbuka. Seluruh peserta seleksi bisa melihat sendiri hasil seleksi di setiap tahapannya. Mulai dari proses pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan psikologi, uji jasmani, uji akademik, penelusuran mental kepribadian hingga proses kelulusan," katanya.

Mantan Irwasda Polda Papua itu menjelaskan, tahapan seleksi dimulai pada 3 Juli 2020 dan berakhir tepat pada hari ini, Jumat 31 Juli 2020. Tahapan akan dilanjutkan dengan tes tingkat panitia pusat bagi calon taruna Akpol.

"Saya berharap seluruh panitia dan pengawas serta para peserta seleksi dapat berperan aktif dalam mengawasi setiap tahapan seleksi, sehingga akan terjaring calon-calon anggota Polri yang berkualitas," katanya.

Wakapolda Papua juga menyampaikan selamat kepada para peserta calon taruna (catar) Akpol, yang dinyatakan lulus terpilih untuk melanjutkan tahapan tes pusat di Akpol Semarang. Mereka diminta mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

"Jaga kesehatan dan selalu semangat dalam mengikuti tahapan seleksi tes pusat sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal," katanya.

Dia juga berpesan kepada para para catar Akpol yang tidak terpilih agar jangan putus asa meskipun gagal pada proses seleksi ini. Kegagalan hanyalah suatu kesuksesan yang tertunda. "Jadikan evaluasi agar pada kesempatan berikutnya menjadi lebih baik," kata Brigjen Pol Yakobus Marjuki.

Sementara Karo SDM Polda Papua Kombes Pol Aris Hariyanto mengatakan, sidang terbuka kelulusan akhir tingkat Panitia Daerah penerimaan calon Tamtama Polri TA 2020 telah dilaksanakan pada Kamis (30/7/2020) di Aula Elsama Numberi gedung SPN Jayapura.

"Sebanyak 18 orang dinyatakan lulus terpilih untuk mengikuti pemeriksaan tingkat pusat, yaitu 16 orang di Pusdik Brimob Watukosek dan dua orang di Pusdik Polair Pondok Dayung," katanya.

Apabila lolos tingkat pusat, selanjutnya para peserta seleksi akan dilantik sebagai siswa Tamtama Brimob dan Polair dan akan dididik selama empat bulan.

Dia meminta kepada para peserta seleksi yang dinyatakan tidak lulus seleksi Polri harus tetap kuat dan semangat. Terus berjuang berlatih dan berusaha lebih baik lagi, agar bisa mencoba mengikuti seleksi pada tahun depan. "Semoga di tahun depan bisa lulus dengan baik," katanya.

Aris juga menyampaikan selamat kepada para peserta yang dinyatakan lulus dan terpilih. "Saya ucapkan selamat dan jangan sombong. Persiapkan diri kalian untuk mengikuti pemeriksaan di tingkat pusat karena kalian membawa nama baik Polda Papua," katanya.

Dia menegaskan, dalam tiap tahapan seleksi calon taruna Akpol dan Tamtama Polri diawasi langsung oleh pengawas internal dari Polda Papua dan eksternal. Selain itu, proses seleksi juga diawasi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Perwakilan Papua.


Editor : Maria Christina