Satgas Nemangkawi Akan Dipimpin Kapolda Papua, Markas Pindah ke Jayapura

Antara · Kamis, 11 Februari 2021 - 10:00:00 WIT
Satgas Nemangkawi Akan Dipimpin Kapolda Papua, Markas Pindah ke Jayapura
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw memberikan keterangan kepada wartawan terkait penembakan iring-iringan bus PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (13/1/2020). (Foto: iNews/Nathan Making)

JAYAPURA, iNews.id - Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw, menyebut Kapolri setuju perubahan komandan di lingkungan Satgas Nemangkawi. Markas tim tersebut juga direncanakan pindah dari Kota Timika ke Jayapura.

"Perubahan itu dilakukan semata-mata untuk memudahkan koordinasi," kata Irjen Pol Waterpauw saat dikonfirmasi di Kota Jayapura, Papua, Rabu (10/2/2021).

Dia berharap, dengan adanya perubahan tersebut penanganan keamanan dapat lebih mudah dilakukan. Tim gabungan dari TNI-Polri tersebut akan dipimpin Kapolda Papua.

Selain itu terkait keamanan dan ketertiban di Kabupaten Intan Jaya, dia mengakui, masih ada gangguan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB), termasuk dari komplotan yang dipimpin Sabinus Waker.

"KKB yang ada di Intan Jaya saat ini dilaporkan beberapa kali kontak senjata dengan aparat keamanan bahkan menembak warga sipil," ujar dia.

Menurut dia, sudah ada rencana menambah personel ke daerah-daerah rawan, termasuk Kabupaten Intan Jaya. Namun terkendala sarana, khususnya tempat untuk menampung anggota yang bertugas di tempat tersebut.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: