Senjata Tradisional Papua Paling Mematikan, Belati dari Tulang Kasuari hingga Busur Panah

Fajar Hendra Jaya ยท Kamis, 04 Agustus 2022 - 07:42:00 WIT
Senjata Tradisional Papua Paling Mematikan, Belati dari Tulang Kasuari hingga Busur Panah
Belati dari tulang kasuari salah satu senjata tradisional Papua. (Foto : YouTube)

2. Busur 

Busur merupakan alat senjata tradisional masyarakat Papua untuk dalam melakukan perburuan. Bagaimana tidak, busur ini memiliki kecepatan dan ketepatan yang akurat dalam membidik buruan sehingga menjadi pilihan yang pas ketika dibutuhkan untuk mencari bahan makanan seperti babi dan lain sebagainya.

Selain digunakan dalam berburu, busur juga digunakan untuk melakukan peperangan antarmusuh demi melindungi diri dan koloninya. Busur ini dibuat drai kayu yang memiliki bahan dasar kuat agar bisa awet hingga jangka waktu yang panjang.

Busur ini sepaket dengan anak panah karena kedua alat ini harus digunakan dalam waktu yang bersamaan untuk mendapatkan mangsa. Untuk anak panahnya biasanya dibuat dari tulang kangguru dan diruncing dengan tajam agar langsung mematikan mangsa yang diburu.

Panglima perang tingginambut Moro Kogoya memegang busur senjata tradisional Papua. (Foto : YouTube)
Panglima perang tingginambut Moro Kogoya memegang busur senjata tradisional Papua. (Foto : YouTube)

3. Kapak Batu

Senjata tradisional Papua berikutnya yakni kapak batu. Seperti dari namanya, senjata ini terbuat dari batu kali yang dipahat dengan berbentuk lonjong dengan agak sedikit runcing pada bagian ujung. 

Kapak batu selain digunakan untuk menebang pohon juga dipakai sebagai alat bayar denda, mas kawin dan juga harus ada dalam acara ritual maupun upacara adat.

Maka dari itu, kapak batu ini memiliki nilai sosial dan harga jual yang tinggi di kalangan masyarakat Papua sehingga sangat dihargai dan tidak asal sembarangan untuk digunakan.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Bagikan Artikel: